Realme 9 Pro Series Dibanderol Rp 4 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Realme 9 Pro Series Dibanderol Rp 4 Jutaan, Berikut  Kelebihan dan Kekurangannya
(Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Kamis, 17 Februari 2022 10:01 WIB

Terasjabar.id  - Realme Indonesia pada Rabu, 16 Februari 2022 resmi meluncurkan Realme 9 Pro Series, yakni Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro +, sebagai smartphone dengan spesifikasi kamera flagship dari sensor Sony IMX766 dan OIS di segmen kelas menengah. Produsen elektronika asal Cina ini menawarkan pengalaman kamera yang lebih baik melalui Realme 9 Pro+ jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme 8 Pro.

Realme 9 Pro+ diklaim mampu menangkap foto dengan pencahayaan rendah (low light) dengan baik. Kemampuan seperti itu biasanya hanya ada pada smartphone flagship kelas premium. Intinya, Realme 9 Pro Series mengusung performa tak biasa, mulai dari jaringan yang sudah mendukung 5G, kamera, desain, dan baterai.

Spesifikasi dan fitur Realme 9 Pro Series:

Prosessor:

Realme 9 Pro+ mengusung Prosessor Dimensty 920 5G, dengan varian memori RAM (8GB+128GB) dan (8GB+256GB) yang memiliki performa cepat namun tetap irit daya. Realme 9 Pro+ menjadi smartphone pertama yang dilengkapi dengan fitur pengukuran detak jantung dan antarmuka realme UI 3.0 berbasis Android 12.

Sementara Realme 9 Pro ditenagai oleh processor Snapdragon 695 5G, dengan dua varian memori RAM (6GB+128GB) dan (8GB+128GB), yang bisa diperluas hingga 5GB berkat dukungan Dynamic RAM Expansion.

Prosesor ini juga mengadopsi proses produksi 6nm yang efisien dan sudah mendukung 5G, selaras dengan tujuan Realme untuk menjadikan 5G populer di Indonesia. Realme 9 Pro juga menjadi smartphone seri Realme pertama yang sudah ter-installed Realme UI 3.0 dan Android 12.

Layar:

Realme 9 Pro+ memiliki bentang layar 6,4 inci beresolusi FHD+ dengan 90,8 persen rasio bodi ke layar yang dibalut dengan Corning Gorilla Glass 5. Memiliki refresh layar 90Hz dan touch sampling 360Hz, layar Super AMOLED.

Dengan teknologi dan dukungan layar Ultra Smooth, pengguna Realme 9 Pro + dapat mengandalkan dalam video streaming, bermain game, dan menonton film. Terdapat pilihan untuk mengatur refresh rate layar, mulai dari standar 60Hz hingga tinggi 120Hz ataupun di set otomatis.

Adapun bentang layar Realme 9 Pro seluas 6,6 inci dengan 90,8 persen screen-to-body ratio dan tingkat kecerahan hingga 600 nit sehingga nyaman untuk bermain game maupun sekadar menonton tayangan multimedia.

Realme 9 Pro+.

Desain Flagship di Kelas Menengah:

Realme 9 Pro Series mengadopsi konsep desain flagship, yakni Light Shift Design, berupa warna sunrise blue yang stylish dan akan berubah warna menjadi kemerahan layaknya efek indah matahari terbit di bawah paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Jika ada sesuatu yang menghalangi sinar matahari atau UV, maka bagian yang terhalang itu tak akan berubah warna.

Efek khusus desain flagship ini terinspirasi dari prinsip photochromic, Realme menambahkan material photochromic organik OCA. Dibutuhkan lebih dari 200 uji coba yang intens untuk menghasilkan efek perubahan warna, namun tetap mempertahankan kerampingan bodi smartphone.

Kamera:

Realme 9 Pro+ didukung sensor kamera utama 50 MP dan ditopang sensor Sony IMX766 dan dukungan OIS. Sony IMX766 menawarkan kualitas ketajaman serta penyerapan cahaya sehingga cocok bagi yang gemar mengabadikan momen melalui lensa kamera smartphone.

Sony IMX766 memiliki ukuran sensor hingga f/1.56 yang tentunya dapat mengcapture foto secara lebih detail dan tajam, serta sangat bisa diandalkan untuk mengambil foto dalam keadaan low-light.

Selain dukungan sensor flagship, Realme 9 Pro+ juga menjadi smartphone pertama dengan dukungan hardware OIS di kelas mid-range.

Realme 9 Pro memiliki resolusi kamera depan lebih besar. Realme 9 Pro dibekali Triple Camera, dengan kamera depan 64MP, 8MP 119° Super-wide lens Aperture: F2.2, 2MP 4cm Macro Lens, dan 16MP Wide-Angle Selfie. Juga didukung fitur, Front Super Nightscape, Portrait Bokeh + HDR Selfie, Portrait +HDR Video.

Beralih ke kamera depan, dengan besaran 16 megapiksel Realme 9 Pro membawa sejumlah fitur baru. Deretan fitur baru tersebut adalah Front Super Nightscape, Portrait Bokeh + HDR Selfie, dan Portrait +HDR Video yang dapat membantu berkreasi dengan hasil foto dan video selfie sehingga bisa dipamerkan di media sosial.

Kapasitas Baterai:

Realme 9 Pro, didukung kapasitas baterai 5000mAh, dengan 33W Quick Charge. Sementara Realme 9 Pro+ didukung baterai dengan kapasitas 4500mAh, dan keduanya sudah didukung NFC.

Harga Realme 9 Pro Series:

Realme 9 Pro (6GB+128GB) dibanderol dengan harga Rp 3.799.000, dan kapasitas (8GB+128GB) dibandrol dengan harga Rp 3.999.000. Sementara Realme 9 Pro+ dibanderol dengan harga Rp 4.999.000 untuk kapasitas (8GB+128GB) dan Rp 5.499.000 untuk kapasitas (8GB+256GB).

Kekurangan:

- Dalam kasus tertentu, tampilan video masih terasa goyang meski sudah didukung Sony IMX766 dan hardware OIS.

- Mungkin ini agak subyektif, desain backcover terlalu mengkilap atau bling jadi terkesan kurang elegan.

- Belum lagi fingerprint magnet di backcover yang berbahan material polycarbonate membuat sidik jari gampang tertempel alias ngecap sehingga terkesan gampang kotor.

- Desain layar depan memiliki dagu bagian bawah yang lumayan tebal sehingga tak terkesan seperti smartphone kelas menengah, melainkan seperti smartphone low end pada umumnya.

- Untuk Realme 9 Pro+ memiliki kekurangan kapasitas baterai yang lebih rendah dibandingkan varian saudaranya. Realme 9 Pro+ memiliki kapasitas baterai Li-Po 4.500, sedangkan varian Realme 9 Pro memiliki 5.000 mAh. Selain itu, ukuran layar juga sedikit lebih kecil yakni 6,4 inci untuk versi Realme 9 Pro+, ketimbang saudaranya dengan 6,6 inci.

- Untuk Realme 9 Pro, sensor sidik jari masih terdapat di bagian sisi, menyatu dengan tombol power. Jadi bisa bikin rancu. Sementara di varian realme 9 Pro+ sudah ada sensor fingerprint di bagian layar (in-display).

Disadur dari Republika

Realme Realme 9 Pro Series Spesifikasi Harga


Loading...