Patriot Desa Kunjungi Disipusda Kembangkan Perpusdes/Taman Baca Masyarakat

Patriot Desa Kunjungi Disipusda Kembangkan Perpusdes/Taman Baca Masyarakat
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 17 Februari 2022 08:16 WIB

Purwakarta, Terasjabar.id - Patriot Desa selaku fasilitator desa lokus, Mengunjungi Disipusda (Dinas Arsip dan Perpustakaan) Kabupaten Purwakarta dari Bidang Perpustakaan untuk memohon arahan dan penjelasan terkait proses perintisan Perpustakaan Desa/Taman Baca Masyarakat, salah satunya melalui bidang pendidikan berupa pengadaan sarana-prasarana dan aktivitas Perpusatkaan Desa/Taman Baca Masyarakat di Kelurahan Nagri Tengah Kecamatan Purwakarta. (16/02)

Nendi Apriki selaku Perwakilan Patriot Desa Kabupaten Purwakarta, menyampaikan tugas pokok dan fungsi Patriot Desa sekaligus maksud dan tujuan kedatangannya terutama dalam mendorong peningkatan Indeks Desa Membangun(IDM) ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta dan diharapkan ada penjelasan terkait mekanisme pengajuan bantuan pinjaman koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Daerah kepada desa-desa lokus." tuturnya

Menurut Nendi Hal ini didasarkan pada indikator dalam IDM terkait Perpustakaan Desa/Taman Baca Masyarakat yang belum terpenuhi, sekalipun sudah terpenuhi, verifikasi dilapangan menunjukan beberapa desa yang telah memiliki Perpusdes/TBM belum mengoptimalkan fasilitas tersebut atau justru hilang sama sekali.

Dengan demikian, jika tidak dilakukan revitalisasi dapat menjadi pemicu menurunnya nilai IDM karena pada tahun berjalan indikator yang sebelumnya terpenuhi justru menjadi tidak terpenuhi." ungkap nendi.

Gambar

Adapun tanggapan Ema Hermawati, S.Sos (Pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta) Sebagai perwakilan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta, Pustakawan Perpusda Purwakarta menyambut baik kedatangan Patriot Desa. "ucap ema

Menurut Ema Pihak Perpustakaan Daerah menyampaikan bahwa sangat terbuka dan siap untuk mendukung langkah inisiatif terkait dengan pengembangan Perpusdes/TBM di 11 Desa tempatan Patriot Desa di Kabupaten Purwakarta.

"Salah satunya adalah dengan menyediakan pinjaman koleksi yang akan diberikan kepada Perpusdes/TBM. Hal ini juga menjadi salah satu tujuan daripada Disipusda untuk terus mendorong giat literasi khususnya minat baca masyarakat."

"Sebuah catatan kritis juga disampaikan, bahwa koleksi buku yang seharusnya ada di Perpusdes/TBM sebagian besar merupakan pengetahuan umum yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat itu sendiri."

"Sehingga tidak serta merta adanya Perpusdes/TBM sebagai sarana membaca, namun salah satu media membentuk masyarakat yang lebih teredukasi dan dapat mengembangkan potensi yang ada disekitarnya berdasarkan pada buku yang dibacanya."

"Dengan demikian, maka perlu adanya sirkulasi pergantian koleksi, yang tentunya memang secara prosedural dilaksanakan setiap 3 bulan sekali." jelas ema.

Ema menambahkan terkait dengan prosedur pengajuan permohonan pinjaman koleksi, maka Perpusdes/TBM yang dibentuk dapat mengajukan permohonan. Baik secara mandiri atau melalui pihak Pemerintah Desa. Permohonan tersebut selanjutnya akan diproses dan selanjutnya disiapkan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Perpustakaan Daerah dan Pemerintah Desa/Komunitas perintis TBM.

Setelah MoU tersebut dibuat maka koleksi Perpusda dapat dipinjam oleh Perpusdes/TBM yang ada serta secara simultan diperbaharui koleksinya setiap 3 bulan."pungkasnya. (A H/red)

Patriot Desa Disipusda Perpusdes Kabupaten Purwakarta


Loading...