SEJARAH Gundam, Serial Fiksi tentang Robot Raksasa yang Awalnya Berjudul Gunboy

SEJARAH Gundam, Serial Fiksi tentang Robot Raksasa yang Awalnya Berjudul Gunboy
Pikiran Rakyat
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 31 Januari 2022 12:12 WIB

Terasjabar.id - Gundam adalah nama dari serial fiksi ilmiah yang menampilkan robot raksasa yang bernama Gundam.

Serial tersebut dibuat oleh studio Sunrise yang dimulai pada 7 April 1979.

Serial ini menampilkan robot raksasa yang disebut Mobile Suit dalam latar militer.

Kepopuleran serial ini dan barang dagangannya menghasilkan sebuah waralaba yang meliputi serial televisi, OVA, film, manga, novel dan permainan video, juga industri model robot yang dikenal sebagai Gunpla (model plastik Gundam).

Mobile Suit Gundam dikembangkan oleh animator Yoshiyuki Tomino dan sekelompok kreator Sunrise yang terus berubah-ubah dengan nama samaran kolektif Hajime Yatate.

Serial tersebut awalnya berjudul Freedom Fighter Gunboy (atau Gunboy) untuk senjata robot, dengan laki-laki sebagai target utama demografinya.

Produksi awal memiliki beberapa referensi mengenai kebebasan: White Base awalnya bernama "Freedom's Fortress", Core Fighter awalnya bernama "Freedom Wing" dan Gunperry awalnya bernama "Freedom Cruiser".

Kelompok Yatate menggabungkan kata bahasa Inggris "gun" dengan suku kata terakhir dari kata "freedom" untuk membentuk kata Gundom.

Tomino mengubahnya menjadi Gundam, yang artinya sebuah unit yang memegang senjata yang mampu menahan musuh seperti bendungan hidroelektrik menahan air.


Dalam menjaga konsepnya, Gundam digambarkan sebagai prototipe atau produksi terbatas, dengan kemampuan yang lebih tinggi dari unit produksi massal.

Kebanyakan Gundam adalah kendaraan besar, berkaki dua, humanoid yang dikendalikan dari dalam kokpit oleh pilot manusia.

Kokpit terletak di bagian badan, sementara kepala berfungsi sebagai kamera yang mengirim gambar ke kokpit.

Gundam Ukuran Asli Terbaru akan Hadir di Jepang

Gundam berukuran nyata akan hadir di Mitsui Shopping Park LaLaport Fukuoka pada Musim Semi 2022 mendatang.

Dengan tinggi 24,78 meter, Gundam life-sized ini menampilkan Nu Gundam karya Amuro Ray dari seri Char's Counterattack yang dirilis pada tahun 1988.

Kreator dan animator Gundam Yoshiyuki Tomino juga dilibatkan dalam desain patung.

RX-93 Nu Gundam ini disebut-sebut akan menjadi model Gundam tertinggi dengan ketinggian sekitar 65,6 kaki (sekitar 20 meter), lebih tinggi dibanding RX-o Unicron Gundam ukuran nyata di Tokyo, RX-78-2 Gundam di Yokohama dan Freedom Gundam ZGMF-X10A di Shanghai.

Fin Funnel atau sayap jarak jauh juga akan hadir sebagai fitur unggulan dari Gundam Fukuoka ini.

Meski kini Gundam Fukuoka masih butuh beberapa sentuhan akhir, patung berukuran life-sized ini diperkirakan akan rampung pada akhir Februari dan akan dibuka untuk umum pada April 2022 mendatang.

(Tribunnews.com/Widya) (TribunPontianak.co.id/Syahroni) (Kompas.com/Anya Dellanita)



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Apa Itu Gundam? Serial Fiksi tentang Robot Raksasa yang Awalnya Berjudul Gunboy, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/01/31/apa-itu-gundam-serial-fiksi-tentang-robot-raksasa-yang-awalnya-berjudul-gunboy?page=all.

Gundam Viral Robot Raksasa Gunboy Viral Militer


Loading...