Kuningan Terus Gencarkan Target Vaksin Untuk Kendalikan Penyebaran Covid-19

Kuningan Terus Gencarkan Target Vaksin Untuk Kendalikan Penyebaran Covid-19
Editor: Malda Teras Kuningan —Selasa, 25 Januari 2022 15:14 WIB

Kuningan, Terasjabar - Terselenggaranya program penanganan dan vaksinasi covid-19 secara optimal, maka tingkatkan komitmen bersama seluruh stakeholder, sehingga Kabupaten Kuningan sukses dalam program penanganan dan vaksinasi covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. dalam membuka Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Penanganan covid-19 Kabupaten Kuningan yang bertempat di Ruang Rapat Purbawisesa, Senin (24/1/2022).

Pada kesempatan ini, Bupati berharap kepada petugas kesehatan dapat melakukan upaya Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat serta memantau status vaksinasi setiap sasaran yang ada di wilayah kerjanya untuk memastikan setiap sasaran mendapatkan vaksinasi covid-19 lengkap sesuai yang dianjurkan.

“Untuk terselenggaranya program penanganan dan vaksinasi covid-19 secara optimal, maka diperlukan komitmen bersama dari seluruh stakeholder terutama Dinas Kesehatan dan Puskesmas sebagai ujung tombak serta seluruh komponen baik TNI, Kepolisian, Camat dan seluruh SKPD terkait untuk bersama-sama mensukseskan program penanganan dan vaksinasi covid-19,” ujarnya.

Masih dikatakan Bupati, upaya penanggulangan covid-19 dengan penguatan 3T yakni Testing, Tracing, dan Treatmen, Vaksinasi serta terus meningkatkan dan menerapkan protokol kesehatan dengan 5M1D (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan dan mendurangi mobilitas serta Do’a).

“Dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19, vaksinasi bertujuan untuk mengurangi penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat pandemi covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM. menyampaikan, dengan adanya varian covid-19 omicron langkah antisipasi yaitu dengan meningkatkan terus Protokol Kesehatan, Surveilans Indonesia yang perlu memperketat pintu masuk, Vaksinasi dengan Akselerasi capaian vaksinasi, termasuk pada lansia dan anak, Terapeutik Pengadaan Molnupiravir untuk perawatan pasien covid-19.

Lanjutnya, terkait pelaksanaan vaksinasi covid-19 pada dosis booster di Kabupaten Kuningan sudah dimulai sejak 12 Januari 2022 dengan Kelompok penerima vaksin adalah Dewasa ≥ 18 tahun serta Sudah menerima dosis kedua/lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

“Dosis booster bagi lansia dapat dimulai di seluruh Kabupaten/Kota, sedangkan bagi non lansia di Kabupaten/Kota yang sudah mencapai 70% dosis 1 total dan 60% dosis 1 lansia,” ungkapnya.

Usai kegiatan, seluruh peserta Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi langsung mengikuti vaksin dosis booster yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan.

Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si. , Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. , Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan dan Camat se-Kabupaten Kuningan. (H Aboy)

Kuningan Vaksinasi Covid 19 H Acep Purnama KIE


Loading...