Sosok Aiptu Siswanto Polisi Cianjur yang Beli Motor Rp 22 Juta Pakai Uang Koin, Hasil Nabung 8 Tahun

Sosok Aiptu Siswanto Polisi Cianjur yang Beli Motor Rp 22 Juta Pakai Uang Koin, Hasil Nabung 8 Tahun
Istimewa - Ini sosok Aiptu Siswanto, anggota Polsek Cibeber, Polres Cianjur, yang membeli motor Rp 22,1 juta menggunakan uang koin pecahan Rp 1.000.
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 23 Januari 2022 14:42 WIB

Terasjabar.id - Apa yang dilakukan Aiptu Siswanto bisa dicontoh.

Bagaimana ia secara gigih menabung uang agar bisa membeli motor baru.

Menabung selama sekitar delapan tahun, ia bisa membeli motor baru.

Dan ia membeli motor menggunakan uang koin pecahan Rp 1.000.

Harga motor tersebut diketahui Rp 22,1 juta.

Lantas siapa sosok Aiptu Siswanto?

Aiptu Siswanto adalah anggota Polri.

Ia bertugas di Unit Reskrim di Polsek Cibeber, Polres Cianjur, Jawa Barat.

Menurutnya, uang pecahan Rp 1.000 itu ditabungnya selama delapan tahun.

Ia melangkah percaya diri berpakaian muslim berwarna putih membawa tas berisi uang koin masuk ke salah satu dealer di Jalan Dr Muwardi By Pass Cianjur.

Banyaknya jumlah uang koin yang dibawa, Siswanto membuat para pegawai dealer terkejut dan sibuk serta susah payah menghitung uang koin.

Aiptu Siswanto mengatakan uang yang berhasil dikumpulkan ia bagi menjadi 22 kantong dengan isi perkantongnya masing-masingnya Rp 1 juta.

Aiptu Siswanto saat menyerahkan uang koin senilai Rp 22,1 juta untuk membeli sepeda motor. (Dok. Muslim)
Aiptu Siswanto saat menyerahkan uang koin senilai Rp 22,1 juta untuk membeli sepeda motor. (Dok. Muslim) ()

"Satu kantongnya berisi Rp 1 juta, jadi semua ada 22 kantong dengan total Rp 22 juta. Berat total uang mencapai 110 kilogram, karena satu kantong plastik itu 5 kilo," katanya, saat dihubungi Tribunjabar.id, Minggu (23/1/2022) siang.

Aiptu Siswanto mengatakan, ia memiliki keinginan untuk membeli sepeda dan mulai menabung sejak 2013 untuk dapat membelinya.

Uang koin tersebut kumpulkannya dari sisa-sisa belanja di warung selama ia bertugas di pekerjaannya.

"Uang koin itu disimpan di lantai kamar kosong di rumah. Dan setelah dihitung, ternyata uang yang ditabung selama 8 tahun tersebut cukup untuk membeli sepeda motor matic," ujarnya.

Ia mengaku, sempat ragu dan khawatir dengan uang koin yang akan dibayarkan untuk membawa sepeda motor tidak diterima pihak dealer.

"Sempat ragu, karena datang bawa koin banyak. Tapi ternyata diterima, bahkan pihak dealernya menyempatkan untuk menghitung," katanya.

Siswanto mengatakan, motor baru yang ia beli ia gunakan untuk sehari-hari bertugas.

Kepala Cabang Daeler JG Motor Cianjur Cepi Hermawan, mengatakan baru pertama kali ada konsumen yang membeli sepeda motor menggunakan uang koin

"Awalnya saya kaget, tapi kita terima mau apapun bentuk uang itu meskipun receh karena tetap uang sah. Makanya kita tetap layani," kata Cepi.

Cepi dan pihak dealer sangat mengapresiasi dengan kegigihan Aiptu Siswanto menabung untuk mendapatkan sepeda motor dan hal tersebut dapat menjadi motivasi kepada masyarakat Cianjur.

"Mudah-mudahan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya, apalagi Aiptu Siswanto adalah seorang polisi. Tentunya hal ini sebagai contoh kegigihan," ujarnya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sosok Aiptu Siswanto Polisi Cianjur yang Beli Motor Rp 22 Juta Pakai Uang Koin, Hasil Nabung 8 Tahun, https://jabar.tribunnews.com/2022/01/23/sosok-aiptu-siswanto-polisi-cianjur-yang-beli-motor-rp-22-juta-pakai-uang-koin-hasil-nabung-8-tahun?page=all.
Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: taufik ismail

Aiptu Siswanto Beli Motor Menabung Koin Pecahan


Loading...