Antisipasi Penyebaran Omicron di Sekolah, Disdik Kota Bandung Akan Lakukan Hal Ini

Antisipasi Penyebaran Omicron di Sekolah, Disdik Kota Bandung Akan Lakukan Hal Ini
cipta permana/tribunjabar - Suasana kegiatan PTM 100 persen di SMAN 5 Bandung, Kota Bandung, Senin (10/1/2022).
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 23 Januari 2022 14:05 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 60 sekolah di Kota Bandung jenjang SD hingga SMA akan menjadi titik kegiatan survailen atau tes swab acak  karena adanya kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM).

Langkah tersebut sekaligus mengantisipasi adanya penyebaran virus Omicron di lingkungan sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Bandung, Bambang Ariyanto, mengatakan, jadwal survailen di 60 sekolah tersebut tergantung pada puskesmas sekolah itu berada.

"Tes swab acak (survailen) besok itu sasarannya antara 30 hingga 50 orang dari siswa hingga pendidik tenaga kependidikan (PTK). Nanti, tim yang akan datang ke sekolah dari apa yang sudah diagendakan puskesmas setempat yang ditunjuk langsung oleh dinkes," kata Bambang saat dihubungi, Minggu (23/1/2022).

Dia menambahkan, untuk survailen bulan ini memang terdapat 60 sekolah dengan setiap kecamatan diwakili dua sekolah.

"Nanti setiap bulan pelaksanaannya (survailen) di sekolah yang berbeda alias berganti-ganti," katanya.

Ketua Fortusis Jabar, Dwi Soebawanto, mendukung langkah dari disdik dan dinkes dalam melakukan survailen di sekolah-sekolah.

Baginya, tes swab acak sangat berguna untuk mengetahui kondisi siswa maupun pendidik tenaga kependidikan (PTK).

"Bagus, kami mendukung asalkan memang tak ada biaya yang dibebankan kepada siswa terkait swab acak. Intinya, kami mau itu ada Covid atau tidak, PJJ atau metode IT lainnya harus tetap diberlakukan karena saat ini di belahan dunia mana pun termasuk Indonesia, IT (online) sangatlah bagus dibandingkan tatap muka. Sebab tatap muka perlu adanya infrastruktur dengan pengeluaran yang mahal seperti adanya bangunan dan lainnya," katanya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Antisipasi Penyebaran Omicron di Sekolah, Disdik Kota Bandung Akan Lakukan Hal Ini Siswa, https://jabar.tribunnews.com/2022/01/23/antisipasi-penyebaran-omicron-di-sekolah-disdik-kota-bandung-akan-lakukan-hal-ini-siswa.
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Giri

Kota Bandung Tes Swab PTM SD SMA Virus Omicron


Loading...