Tidur Siang Lebih Dari 1 Jam Ternyata Punya Risiko Kematian, Begini Penjelasannya

Tidur Siang Lebih Dari 1 Jam Ternyata Punya Risiko Kematian, Begini Penjelasannya
Asuransi Astra
Editor: Malda Teras Viral —Kamis, 20 Januari 2022 14:30 WIB

Terasjabar.id - Kalian pasti pernah merasa sangat lelah di siang hari.

Solusinya adalah dengan tidur siang untuk mengembalikan energi.

Tapi ternyata, ada aturan dalam tidur siang yang selama ini diabaikan loh.


Yaitu tidur siang tidak dianjurkan lebih dari 1 jam.

Bahaya tak terduga bisa terjadi pada tubuh jika tetap tidur siang lebih dari satu jam.

Para ahli juga menghimbau untuk hanya tidur siang selama 1 jam saja.

Kok bisa ya?

Berikut ini ulasan lengkap yang harus anda ketahui.

Jangan sampai anda menyesal telat tahu.



Dilansir dari siaran pers European Society of Cardiology, penulis studi Dr Zhe Pan dari Guangzhou Medical University mengatakan, ada pandangan umum bahwa tidur siang meningkatkan performa dan melawan konsekuensi buruk dari "utang tidur"

"Namun, studi kami melawan opini yang telah meluas ini," ujarnya.

Dalam studinya, Pan dan para peneliti mengumpulkan bukti-bukti yang ada untuk menilai kaitan antara tidur siang dengan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular.

Secara total, ada lebih dari 20 studi dan 313.651 partisipan yang dimasukkan dalam analisis.

Dimana 39 % partisipan punya kebiasaan tidur siang.


Mereka mendapati bahwa tidur siang yang panjang, yakni lebih dari satu jam, diasosiasikan dengan risiko kematian yang 30 % lebih tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular yang 34 % lebih tinggi.

Sementara itu, kebiasaan tidur siang kurang dari 60 menit tetap bisa sedikit meningkatkan risiko mortalitas, dan tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menariknya, ketika para ahli memperhitungkan kebiasaan tidur pada malam hari, hasilnya berubah.

Pan berkata bahwa hasil yang mereka temukan menunjukkan bahwa tidur siang yang lebih singkat (seperti kurang dari 45 menit) bisa meningkatkan kesehatan jantung pada orang-orang yang malamnya kurang tidur.

Lebih pentingnya lagi, risiko buruk dari kebiasaan tidur siang yang terlalu lama hanya ditemukan pada mereka yang tidur lebih dari enam jam pada malam hari.


Melihat temuan ini, para peneliti menduga bahwa risiko buruk dari terlalu lama tidur siang kemungkinan terjadi akibat kebanyakan tidur.

Dimana seperti diketahui orang yang membutuhkan banyak tidur biasanya memiliki tingkat kelelahan yang berlebih atau kondisi kesehatan khusus.

Sehingga tidur siang yang panjang bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan lainnya yang meningkatkan risiko kematian.

Akan tetapi, karena para peneliti belum bisa menemukan hubungan sebab-akibat yang pasti, Pan pun berkata bahwa untuk amannya, kita sebaiknya mempertimbangkan tidur siang di bawah satu jam.

"Bagi yang tidak biasa tidur siang, tidak ada bukti meyakinkan untuk memulainya," katanya. (TribunBali)



Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Tidur Siang Lebih Dari 1 Jam Ternyata Punya Risiko Kematian, Begini Penjelasannya, https://bali.tribunnews.com/2022/01/20/tidur-siang-lebih-dari-1-jam-ternyata-punya-risiko-kematian-begini-penjelasannya?page=all.

Viral Tidur Siang Kematian Siang hari Energi


Loading...