Google Hentikan Youtube Originals

Google Hentikan Youtube Originals
Tekno Kompas
Editor: Malda Teras Viral —Kamis, 20 Januari 2022 11:47 WIB

Terasjabar.id - Google resmi menghentikan program YouTube Originals. Divisi yang dibentuk pada tahun 2016 ini bertugas menelurkan konten video eksklusif, termasuk serial, video edukasi, serta konten musik dan selebriti, untuk layanan berlangganan YouTube Premium.
Ditutupnya YouTube Original diumumkan langsung oleh Chief Business Office YouTube Robert Kyncl lewat Twitter. Setelah program ini dihentikan, YouTube akan fokus mendanai program untuk YouTube Kids dan Black Voices.


"Dengan pertumbuhan yang pesat muncul peluang baru dan kini investasi kami bisa menimbulkan dampak yang lebih besar untuk lebih banyak kreator ketika diterapkan ke inisiatif lain seperti Creator Shorts Fund, Black Voices Fund, dan Live Shopping," tulis Kyncl dalam pernyataannya, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (19/1/2022).


An update on YouTube Originals: pic.twitter.com/PixhgZ2yhU

— Robert Kyncl (@rkyncl) January 18, 2022

Sejak didirikan lima tahun yang lalu, YouTube Originals pernah beberapa kali berubah haluan. Dipimpin oleh Susanne Daniels, mereka awalnya membuat konten scripted yang berpusat pada kreator seperti serial 'Scare PewDiePie'.

Tidak hanya itu mereka juga merambah konten ala Hollywood, dengan meluncurkan serial seperti 'Cobra Kai' yang kemudian pindah ke Netflix. YouTube kemudian beralih ke konten yang memuat iklan dan dibintangi oleh selebriti seperti Katy Perry dan Kevin Hart, untuk ditayangkan secara gratis ke semua pengguna yang tidak berlangganan YouTube Premium.

Dalam pengumuman ini, Kyncl juga mengungkap bahwa Daniels akan meninggalkan YouTube pada bulan Maret mendatang, keputusan yang turut mempengaruhi dimatikannya YouTube Originals.

Padahal beberapa bulan yang lalu YouTube Originals sudah mengumumkan beberapa program baru yang akan dirilis tahun ini, termasuk serial yang dibintangi oleh Will Smith dan Alicia Keys. YouTube mengatakan pihaknya akan menghormati komitmen yang sedang berjalan dan akan mengubungi kreator dalam beberapa hari mendatang. (Detik.com)

Baca artikel detikinet, "Google Resmi Matikan YouTube Originals" selengkapnya https://inet.detik.com/cyberlife/d-5906299/google-resmi-matikan-youtube-originals.


Youtube Originals Viral Google


Loading...