Jawaban Arteria Soal 5 Mobil Berplat Nomor Sama, 'Gue Pake Plat DPR'

Jawaban Arteria Soal 5 Mobil Berplat Nomor Sama, 'Gue Pake Plat DPR'
Detik.com
Editor: Malda Teras Viral —Kamis, 20 Januari 2022 10:53 WIB

Terasjabar.id - Lima mobil anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan yang terparkir di DPR berpelat nomor polisi (bernopol) sama. Namun, dari lima pelat nomor polisi yang sama itu, tak satu pun dilekatkan di mobil yang semestinya alias tak asli.
Arteria Dahlan menjelaskan terkait lima mobilnya bernomor polisi sama dan berstiker arteriadahlanlawyers.co.id terparkir di DPR RI. Arteria menyebut kelima mobil tersebut memiliki pelat nomor asli masing-masing.

"Itu pelat-pelat nomor mobil itu, kalau gue pake tuh, gue pake pelat DPR. Itu kan pelat dasar, bukan pelat asli," kata Arteria Dahlan saat dimintai konfirmasi, Rabu (19/1).


Arteria menyebut kelima mobil miliknya itu akan dipasangi pelat DPR bernomor RF miliknya jika hendak digunakan. Dia menyebut pelat Polri 4196-07 hanya merupakan pelat dasar.

"Itu ada satu nomor gue nomor polisi. Ada satu nomor mobil gue ada di situ. Satu mobil ada nomor polisinya. Nanti kalau mau gue pakai, itu semua tatakan dasar. Itu nanti bisa gue pakaikan pelat DPR yang RF, kalau mobil jalan kan gue pakai pelat RF atau apa," ujarnya.

Lebih lanjut Arteria menyebut setiap mobil miliknya yang terparkir di parkiran DPR juga memiliki pelat masing-masing. Dia mengaku bakal kesulitan jika setiap mobil dipasangi pelat permanen.

"Iya (kalau mau dipakai) itu gue pakai pelat RF-nya dong, gue lepas (pelat dasar) pakai pelat RF-nya, bisa RF, bisa pelat DPR, bisa pelat aslinya. Masa 3-3 nya gue mau pakai? Ngerti nggak? Kalau itu pelat gue pakai permanen, kan susah. Gitu, gue bisa pakai pelat mobil nomor aslinya, bisa pake pelat DPR, bisa pakai pelat RF," ujarnya.

Kemudian Arteria Dahlan menjelaskan alasan semua mobilnya dititipkan di parkiran DPR. Dia mengaku saat ini tengah melakukan renovasi rumah sehingga terpaksa menitipkan mobilnya di parkiran DPR.

"Itu karena memang gue taruh situ semua mobilnya, sama kayak mobil taruh di garasilah. Ini karena lagi proses pengecatan di rumah jadi susah, lagi diperbaiki ini di rumah," tuturnya.

Kelima mobil berpelat sama ini terparkir di area parkir mobil gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1). Mobil-mobil tersebut sama-sama berpelat logo Polri 4196-07.

Detailnya sebagai berikut:

1. Toyota Vellfire hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
2. Mitsubishi Grandis hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
3. Toyota Fortuner putih berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
4. Nissan Grand Livina Merah berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
5. Toyota Innova silver tanpa stiker

Mabes Polri kemudian mengungkap peruntukan nopol yang sebenarnya. Pelat nomor kendaraan organik kepolisian yang terpasang di kelima mobil Arteria bernomor 4196-07.

Polri mengatakan pelat nomor kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Dalam data Slog Polri, pelat nomor tersebut memang untuk Arteria Dahlan.

"Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H.Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).

Artinya pelat nomor organik kepolisian itu hanya untuk satu mobil. Untuk diketahui, Arteria memasang pelat nomor tersebut ke lima mobilnya, dan tak ada Mitsubishi Pajero Sport Dakar di antara kelima mobil yang dia parkirkan itu.

(rfs/lir/Detik.com)

Baca artikel detiknews, "5 Mobil Arteria Dahlan Bernopol Sama Tak Satu Pun Pelat Asli" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5906254/5-mobil-arteria-dahlan-bernopol-sama-tak-satu-pun-pelat-asli.


Arteria Dahlan Sunda Rasis Ridwan Kamil Bahasa Sunda Plat Nomor Mobil Viral


Loading...