Arteria Dahlan Senggol Suku Sunda, Bisa Dipidanakan?

Arteria Dahlan Senggol Suku Sunda, Bisa Dipidanakan?
Tribun
Editor: Malda Hot News —Kamis, 20 Januari 2022 09:36 WIB

Terasjabar.id - AHLI Hukum Pidana Universitas Parahyangan, Bandung, Agustinus Pohan menilai Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Arteria Dahlan, yang meminta Kejagung mencopot Kajati hanya karena telah menggunakan Bahasa Sunda saat rapat, tidak bisa dijerat dengan pasal ujaran kebencian atas dugaan pernyataan rasis yang dia lontarkan.

"Saya kira ini lebih ke soal etik," ujar Agustinus, kepada Tribun Jabar saat dihubungi melalui telepon, Rabu (19/1).

Menurut Agustinus, dalam konteks hukum pidana harus ada mens rea atau niat berbuat pidana.

"Mens reanya atau sikap batin yang membimbing perbuatan itu, apa. Jadi, kalau bicara ujaran kebencian, maka sikap batinnya harus kebencian. Saya kira dalam konteks ini tidak ada, apalagi disampaikan kepada orang Sunda juga, kan Jaksa Agung orang Sunda juga," kata Agustinus seraya menegaskan bahwa dirinya tidak dalam posisi mendukung atau membela Arteria Dahlan.

Ia menduga jika ucapan Arteria lebih pada permintaan agar tidak menggunakan bahasa daerah ketika berada dalam forum resmi.

"Saya sama sekali tidak membela Arteria, mohon maaf. Mungkin maksudnya adalah, ya kalau di acara resmi jangan pakai bahasa daerahlah, bahasa Sunda, Jawa atau apapun, karena tidak semua mengerti bahasa daerah, karena Indonesia ini ada banyak bahasa daerah. Jadi, saya kira mens reanya tidak ada, kalau etik iya," ucapnya.

Meski demikian, menurutnya, perkataan Arteria Dahlan jelas tidak tepat. Itu sebabnya, masyarakat pun, ujar Agustinus, sebaiknya jangan sampai menanggapi peristiwa ini dengan reaksi yang tidak tepat pula.

"Akibatnya bisa jadi ribut. Jadi, tergantung niatnya mau apa, mau mempolitisasi atau mau proporsional, mestinya sikap proporsional, karena tadi mens reanya apa," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kata-katanya Singgung Orang Sunda, Bisakah Arteria Dahlan Dipenjara? Ini Kata Pakar Hukum, https://jabar.tribunnews.com/2022/01/20/kata-katanya-singgung-orang-sunda-bisakah-arteria-dahlan-dipenjara-ini-kata-pakar-hukum.

Arteria Dahlan Sunda Rasis Ridwan Kamil Bahasa Sunda


Loading...