Nekat Mencuri Kursi Taman Balaikota Bandung, Pelaku Berhasil Kabur Setelah Menabrak Trotoar

Nekat Mencuri Kursi Taman Balaikota Bandung, Pelaku Berhasil Kabur Setelah Menabrak Trotoar
Tribun Jabar/ Yongky Yulius - Beragam fasilitas menarik di Taman Balaikota Bandung dapat menjadi daya tarik bagi warga untuk melakukan kegiatan ngabuburit. Sabtu (26/5/2018).
Editor: Epenz Teras Bandung —Jumat, 7 Januari 2022 12:28 WIB

Terasjabar.id - Aksi nekat dilakukan oleh dua orang pelaku dengan mencoba mencuri kursi taman yang berada di trotoar Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (7/1/2022).

Petugas keamanan Balaikota Bandung, Sandhi menuturkan kejadian itu terjadi ketika rekannya tugas jaga malam sampai pagi tadi, kemudian rekannya itu menyampaikan kepadanya setelah serah tugas.

"Rekan saya bilangnya kejadian itu terjadi pukul 04.30 WIB. Dia mendengar suara yang mencurigakan dari arah Jalan Wastukancana atau pos 1. Setelah dicek ternyata kursi telah raib dipereteli dan dibawa di becak motor (bentor) pelaku," katanya di lokasi.

Para pelaku ini, Sandhi menyebut berhasil melarikan diri setelah dipergoki petugas keamanan dan bentor yang dibawa sempat disimpan di depan Masjid Al Ukhuwah setelah menabrak trotoar.

"Pelaku lari ke arah Babakan Ciamis. Dan barang bukti berhasil diamankan lalu diserahkan ke pihak berwajib. Pelaku juga enggak hanya mencuri kursi taman tapi mencuri juga ornamen lampu peneragan jalan umum (PJU)," ujarnya.

Di lokasi kejadian, terlihat bekas-bekas tancapan besi kursi taman yang berhasil dipereteli. Berdasarkan informasi, pelaku pencurian ini pun sempat terekam kamera pemantau (CCTV) ketika datang ke lokasi kejadian.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Didi Ruswandi menanggapi terkait pencurian kursi taman di kantor wali Kota Bandung. Didi mengaku telah menerima laporan terkait peristiwa itu.

Ternyata, kata Didi, tak hanya kursi taman, melainkan sempat juga pihaknya menerima laporan soal pencurian lampu PJU dengan ornamen enam patung maung di atasnya yang berlokasi di Balaikota Bandung.

"Memang pernah juga di Balaikota Bandung hilang lampu ornamen PJU dan sekarang kursi taman. Mudah-mudahan ini menjadi pengingat bagi para pelaku kejahatan untuk merasa peduli pada fasilitas publik," katanya di Jalan Cianjur, Jumat (7/1/2022).

Kejadian serupa, Didi menyebut pernah terjadi di kawasan Asia Afrika dengan kejadian pencurian kursi taman. Dia mengimbau kepada seluruh warga terutama warga Kota Bandung untuk peduli dan segera melapor ketika ada hal-hal yang mencurigakan, khususnya kasus pencurian fasilitas umum.

"Jika ada yang mencurigakan, silakan foto yang jelas pelakunya. Lalu, nanti kami akan sebar foto-fotonya. Mudah-mudahan itu bisa memberikan efek jera bagi para pelaku yang mengambil dan merusak fasilitas umum," ujarnya.

Didi juga menambahkan masalah pengawasan fasilitas-fasilitas umum pihaknya masih mengandalkan CCTV yang telah terpasan dan sebagian dari ATCS, seperti di Simpang Lima, sedangkan ruas jalan lainnya belum.

"Mudah-mudahan ke depannya bisa diperbanyak lagi CCTV di ruang-ruang yang rawan pencurian, seperti di Babakan Siliwangi (kasus mural)," katanya.


Disadur dari Tribunjabar.id

Kursi Taman Trotoar Balaikota Bandung


Loading...