Sebanyak 50 CCTV Dipasang di Kawasan Rawan Macet, Lembang dan Padalarang Prioritas

Sebanyak 50 CCTV Dipasang di Kawasan Rawan Macet, Lembang dan Padalarang Prioritas
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), KBB, Lukmanul Hakim. Foto/MPI/Adi Haryanto
Editor: Epenz Teras KBB —Rabu, 15 Desember 2021 13:51 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 50 CCTV baru akan dipasang di sejumlah jalan dan kawasan arteri yang rawan kemacetan dan tindak kriminalitas di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Keberadaan CCTV tersebut untuk memudahkan personel Dishub melakukan pemantauan arus lalu lintas di sejumlah titik dan melakukan tindakan ketika terjadi kemacetan yang seringkali terjadi seperti di Padalarang, Cimareme, dan Lembang.

"Sekarang sedang dilakukan pemasangan 50 CCTV baru bantuan dari gubernur untuk alat pemantau dan alat perekam kegiatan jika sewaktu-waktu diperlukan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), KBB, Lukmanul Hakim, Rabu (15/12/2021).

Lukman mengatakan, adanya CCTV dapat mengidentifikasi jumlah dan jenis kendaraan yang sedang beraktivitas. Nantinya juga sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan tindakan petugas di lapangan.

Rencananya kamera pengawas tersebut akan terkoneksi langsung dengan aplikasi plato yang dikelola oleh Dishub KBB. Aktivitas kamera pengawas itu nantinya akan memantau setiap kejadian di ruas jalan selama 24 jam.

"Kamera pengawas itu akan terpasang di 50 titik ruas jalan yang ada di seluruh wilayah KBB di setiap persimpangan jalan terutama jalan protokol," sebutnya. 

Menurutnya titik lokasinya diutamakan di tempat yang rawan terjadi kemacetan seperti di Gerbang Tol Padalarang, Tagog, Cimareme dan Batujajar, termasuk di Lembang. Totalnya ada sekitar 50. Diharapkan dengan adanya CCTV baru pantauan ke titik-titik yang selama ini blind spot bisa dilakukan.

"Harapannya adanya CCTV itu bisa memudahkan pengawasan dan membantu aparat kepolisian saat membutuhkan data rekaman kejadian," pungkasnya.

Disadur dari Sindonews.com 

CCTV Padalarang Lemang Dishub KBB


Loading...