Ratna Gadis Pameungpeuk Garut Penderita Tumor Punya BPJS, Tapi Masih Kesulitan Berobat

Ratna Gadis Pameungpeuk Garut Penderita Tumor Punya BPJS, Tapi Masih Kesulitan Berobat
Editor: Epenz Teras Garut —Minggu, 5 Desember 2021 11:54 WIB

Garut, Terasjabar.id - Ratnasari (18) gadis asal Kampung Cigadog RT 01, RW 14 Desa Sirnabakti, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, menderita tumor di dagu sejak usianya beranjak 1 tahun.

Menurut ibundanya, Ii Darwati, pengobatan Ratnasari sempat tertunda beberapa tahun, pada tahun 2019 yang lalu, Ratna pernah dirujuk ke RS di Kota Bandung untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. Namun, pengobatannya pun harus terhenti karena kurang cukup biaya. Meskipun sebenarnya, pengobatan bisa diperolehnya secara gratis.

"Kami sebenarnya ada BPJS, Namun kami tidak punya biaya untuk melanjutkan pengobatannya" kata Ii Darwati Kepada Terasjabar.id, Minggu (05/12/2021).

Ii Darwati menjelaskan, jarak rumah sakit rujukan dari rumahnya itu sekitar 150 kilo meter. Untuk membawa anaknya ke rumah sakit tersebut, Ii Darwati harus meminjam mobil dengan biaya tak sedikit mengingat jarak perjalanan cukup jauh . Selain itu, ia juga khawatir apa bila terdapat resep obat yang tidak di cover oleh BPJS.


Keseharian Ii Darwati merupakan penjual tempe keliling milik tetangganya. ia tinggal di rumah sederhana, penghasilannya pun sangat pas-pasan dan hanya cukup untuk makan sehari-hari.

Ia merupakan seorang janda yang ditinggal wafat suaminya 4 bulan yang lalu. Sejak itu, ia menjadi tulang punggung keluarga untuk menanggung hidup bersama 5 orang anaknya.


Dengan penghasilan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Ii Darwati masih bingung untuk mendapat biaya agar dapat melanjutkan pengobatan putrinya. (Adis Cahyana/Terasjabar.id)

Ratna Gadis Pameungpeuk Garut BPJS Tumor


Loading...