Quota 5.700 Ayo Kuliah Gratis Bagi Yang Tidak Mampu

Quota 5.700 Ayo Kuliah Gratis Bagi Yang Tidak Mampu
Drs H Uca Somantri, M.Si Kadisdikbud Kuningan
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 4 Desember 2021 11:46 WIB

Kuningan, Terasjabar - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset& Teknologi (Kemenristek) melalui Dinas Pendidikan kabupaten Kuningan, membuka kesempatan bagi SMA/SMK/ MA/Paket C/SMAter, lulusan tahun 2020/2021/2022, bagi yang akan melanjutkan kuliah dengan biaya ditanggung oleh negara alias gratis.


Kepala Dinas Pendidikan&Kebudayaan Kab. Kuningan Drs H Uca Somantri, M.Si saat diwawancarai diruang kerjanya, Jumat (03/12/2021) menjelaskan, kuliah gratis bagi calon sarjana ini tidak hanya dibebaskan dari biaya administrasi bahkan di beri uang saku Rp 1.250.000/ setiap bulan, ungkap Uca.


Sementara untuk tahap pertama sebanyak 1.700 siswa dari Quota 5.700 siswa. Sedangkan tempat Kuliahnya di STKIP Muhamadiyah Kuningan dan Universitas Tulang Bawang lampung. Mudah-mudahan kedepan Universitas untuk program kuliah gratis ini bisa bertambah, imbuhnya.

Lebih rinci uca mengatakan, program kuliah gratis ini dipriotaskan utuk yang sudah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selanjutnya jika tidak mempunyai KIP, bagi siswa tidak mampu harus di buktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa/kelurahan.
Sedangkan bagi lulusan paket 'C' tidak di batasi Usia, imbuhnya.

Siswa yang berminat melanjutkan kuliah grstis kata Uca, harus mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang akan di- bagikan atau via google form yang harus sudah terinventarisir bulan Desember.

Gambar

Dr. Carlan, MMPD Kabid Paud+Dikmas Disdikbud Kuningan


Persyaratan yang harus disiapkan :

Fc ktp,kk,akte, Fc ijazah,transkip nilai, Fc raport semester 4,5,6, kartu KIP, SKTM dan pas photo

Terpisah Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan&Kebydayaan Kab Kuningan Dr. Carlan, MMPD menghimbau kepada warga Kuningan yang memiliki anak atau saudara lulusan sma/smk/ma/paketc/ smater lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 yang mau melanjutkan kuliah tapi terkendala biaya (kurang mampu), saat ini ada program gratis kuliah dari prorgam indonesia pintar atas kerjasama antara Kemendikbudristek RI, UPI dan Pemerintah Kabupaten Kuningan.


Sementara itu, daftar Universitas dan Program Study yang sudah dapat diakses Program Indonesia Pintar yaitu,

1. STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN. dengan
Program Study : Matematika, PAUD,
Olahraga, TIK, B. Sunda dan PGSD.


2. UNIVERSITAS MEGOU PAK TULANG BAWANG meliputi

Program Study :Pendidikan Sejarah, Ekonomi, Hubungan Internasional, Hukum, Manajemen, Akutansi, Tehnik Sipil, Tehnik Informatika, dan Agroteknologi/ Pertanian.


Diharapkan peluang ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa yang orangtuanya terkendala biaya, bisa menghubungi Bidang PAUD & Dikmas Dinas Pendidikan & Kebudayaan di Jl. Raya Sukamulya Kuningan, pungkasnya.(H Aboy)

Kuliah Gratis Viral Kuningan Dinas Pendidikan SMA SMK MA Paket C


Loading...