Sarasehan Tokoh Warga Jabar Di TMII Bersama Kang Emil

Sarasehan Tokoh Warga Jabar Di TMII Bersama Kang Emil
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 25 November 2021 16:58 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Sarasehan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Tokoh Masyarakat Jawa Barat berlangsung di Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Rabu (24/11/2021) bertajuk TEPAS (Temu pimpinan untuk aspirasi masyarakat) dengan tema “Pengembangan Budaya dan Ekonomi Kreatif Jawa Barat”.

Kang Emil sapaan akrabnya disela acara menjelaskan bahwa, ekonomi Jawa Barat bukanlah ekonomi konglomerat, melainkan ekonomi UMKM, karena 90 % ekonomi jabar didominasi UMKM. Oleh karena itu, kang Emil mendukung lahir batin untuk pengembangan UMKM. Pemda jabar akan terus mendorong tumbuhnya para wirausahawan UMKM sampai menjadi lebih dari 2% dari populasi penduduk jabar yang saat ini jumlahnya 50 juta jiwa. Sedangkan Jumlah para usaha UMKM di jabar baru berjumlah kurang dari 2 % (1;9 %).

Gambar

Sementara itu, Dede yusuf berpendapat bahwa, tingkat produktifitas tenaga kerja UMKM saat ini masih di bawah tingkat produktifitas tenaga kerja yang bekerja di luar negeri, oleh karena itu para tk umkm perlu memdapatkan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, ujar dia.


Tampil panelis lainya, Dwiki Dharmawan, SH, Hj. Desy Ratnasari, H Syaiful Huda dan Ir.Diana Ramadiany, MSc selaku Kaban Penghubung Provinsi Jabar.


Terpisah tokoh warga Kuningan Drs H Atang Sugiono, M.Si didampingi Sanis Ghazali Ketua Rukun Wargi Kuningan (RWK) se-Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek), sangat mengapresiasi saresehan ini, dengan harapan target Jabar Juara lahir batin dapat terwujud, harapnya.

Gambar
Saresehan selain dihadiri Bakesbangpol, Kabiro Provinsi, Diskominfo, Disparbud, Disperindag Jabar, Direktur Eksekutif TMII, Dekranasda se-Jawa Barat dan dihadiri pula berbagai paguyuban warga Jabar se-Jabodetabek serta Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang ada di Jakarta.


Acara saresehan ini ditandai peresmian dan peninjauan galeri Kerabat Store Dekranasda Jabar dan serah terima gerobak galeri. (H WAWAN JR)

Gubernur Jabar TMII Jakarta TEPAS UMKM


Loading...