Makam-Makam Bersejarah di Cimahi, ada yang berdiri sejak abad ke-17

Makam-Makam Bersejarah di Cimahi, ada yang berdiri sejak abad ke-17
Pikiran Rakyat
Editor: Malda Teras Cimahi —Senin, 8 November 2021 10:36 WIB

Terasjabar.id - Selama ini, tak sedikit yang merasa seram ketika mendengar kata 'kuburan' atau 'makam'. Padahal, tidak selamanya tempat tersebut menghadirkan suasana kengerian.

Di Kota Cimahi khususnya, ada sejumlah kuburan yang bernilai sejarah, baik pemakaman pribadi maupun Tempat Pemakaman Umum (TPU). Bahkan konon ,ada yang berdiri sejak abad ke-17.

Berikut kuburan-kuburan di Kota Cimahi yang memiliki nilai sejarah.

1. Pemakaman Erevel Leuwigajah

Ereveld atau Taman Kehormatan Belanda yang berada di Jalan Kerkhof, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan itu merupakan satu dari tujuh Ereveld yang tersebar di Indonesia.

Makam Ereveld diresmikan pada 20 Desember 1949, yang dikelola oleh Yayasan Oorlogsgravenstichting (OGS) di bawah naungan Kedutaan Belanda. Status ereveld tersebut saat ini menjadi milik Belanda.

Mayoritas orang Balenda yang dikubur di sini merupakan tawanan tentara Jepang di kamp konsentrasi di wilayah Kota Cimahi. Mereka yang gugur bukanlah mati di tengah medan perang, melainkan akibat kekejaman tentara Jepang saat itu.

Tokoh Belanda paling terkenal di tempat ini adalah Herman Thomas Karsten, ia merupakan arsitek asal Belanda yang meninggalkan jejak berupa desain tata kota Semarang, Pasar Gede Surakarta, Pasar Cinde Palembang, Istana dan Masjid Besar Mangkunegara.

TPU Muslim Cipageran, Kota Cimahi yang Diperkirakan Sudah ada Sejak Abad ke-17 (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)
TPU Muslim Cipageran, Kota Cimahi yang Diperkirakan Sudah ada Sejak Abad ke-17 (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)

2. TPU Muslim Cipageran

TPU Cipageran terletak di Jalan Kolonel Masturi, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi. Konon katanya malam itu sudah ada sejak abad ke-17. Di sana terdapat makam tua tokoh bernama Wirasuta Widjaya dan Istri Patimah Sekarwangi. Masyarakat Kabuci meyakini Wirasuta adalah orang pertama membangun Cipageran.

"Belum ada cerita jelas kapan tokoh ini hidup dan meninggal di tempat itu. Namun berdasarkan cerita masyarakat adat Cipageran, ia hidup sekitar abad ke-17 atau sekitar tahun 1600-an dan membangun Desa Cipageran," ungkap Machmud Mubarok, pegiat sejarah pada Minggu (7/11/2021).

Selain makam Wirasuta Widjaya, di TPU ini juga terdapat makam seorang pangeran raja di Cirebon, bernama Soebrata Warsokusuma serta makam-makam muslim yang ditandai batu tanpa nisan.

"Di TPU Cipageran memang banyak makam tua, ada makam Raden Roro Nitimirah istri Patih Sumedanglarang, Harjawinata. Ada pula makam keluarga Hardjakusumah yang pernah menjadi wedana di Cimahi, dan banyak lagi," jelasnya.

3. Makam Usman Dhomiri

KH Usman Dhomiri merupakan salah satu penyebar luas ajaran Islam di Kota Cimahi. Kisaran tahun 1910-an beliau datang ke Kota Cimahi dan mulai menyebarkan agama islam dengan ajaran Tarekat Tijaniyah, yang merupakan salah satu tarekat yang berkembang di negeri ini.

"Belum ketahuan apa yang menyebabkan Syeikh Usman Dhomiri ini memilih Cimahi sebagai tempat tinggalnya. Karena sejauh ini memang menjadi guru, ulama Tarekat Tijaniyah. Ketika itu selain di Garut paling besar di Cimahi pusatnya," terang Machmud.

Di Cimahi, tepatnya di Cisangkan, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, KH Usman Dhomiri tidak membuat pesantren. Ia hanya membuat acara pengajian di sekitaran tempat tinggalnya yang dinamakan Babakan Santri.

Muridnya bukan hanya berasal dari Cimahi saja, melainkan dari berbagai daerah. Selain itu, beliau juga rutin menyebarkan ajarannya ke luar daerah. Bahkan menurut cerita, terang Machmud, KH Usman Dhomiri bisa berada di dua tempat dalam waktu yang bersamaan.

Tahun 1955, KH Usman Dhomiri wafat dan dimakamkan di belakang Masjid Baiturrohmah di RT 04/08, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Di sekeliling pusaranya, terdapat makam istri, anak dan sanak saudaranya.

Masjid tersebut jugalah yang menjadi salah satu saksi bisu perjuangan KH Usman Dhomiri bersama para ulama lainnya untuk menyebarkan agama Islam dan melawan para penjajah. Masjid yang dibangun tahun 1938 tersebut sempat dibombardir tentara Belanda namun tetap berdiri kokoh.

4. Makam Mbah Dalem

Makam Mbah Dalem Tumpang berada di daerah Gandawijaya, belakang pertokoan. Di tempat itu terkubur pula istri Dalem Tumpang, Raden Linggar.
Sosok Mbah Dalem tumpang banyak versi, ada yang menyebut perwira Mataram.

Ada pula yang menyatakan putra dari Pangeran Syamsudin dari Cirebon, karena lama mencari ilmu ke Mataram, lalu tinggal Cimahi. Ia menikah dengan putri bupati Bandung, Angga Direja II sekitar tahun 1700-an.

"Antara versi satu dan versi dua sangat jauh tahunnya. Mataram ketika ke Priangan 1628, kalau ini 1700 beda 1 abad. saya percaya versi kedua karena merujuk silsilah keluarga," beber Machmud.

5. Makam Kaum

Pemakaman tua lainnya di Cimahi terdapat di dekat Komplek Masjid Agung Cimahi. Di tempat ini terdapat makam orang-orang yang menghibahkan atau mewakafkan tanahnya untuk Masjid Agung Cimahi.

Konon, Masjid Agung Cimahi di Bangun tahun 1817 atau 7 tahun setelah selesai pembangunan Jalan Raya Pos oleh seorang bernama H Nasir. Namun, klaim waktu pembangunan masjid ini tak bisa dipertanggungjawabkan karena berdasarkan sebuah foto tahun 1895, masjid agung Cimahi belum ada.

"Istilah Kaum ini berkaitan dengan masjid, di sini makam pendiri atau orang-orang yang mewakafkan tanahnya untuk Masjid Agung Cimahi, ini makam keluarga H Nasir," papar Machmud.


Terlepas dari kedua klaim itu, Machmud melihat makam di tempat itu terlihat lebih tua karena dilihat dari sebagian nisan mirip pedagang gujarat. "Kalau dilihat dari nisan, ini makam bergaya Gujarat. Tapi kita gak tahu mana yang benar karena belum ada catatan resminya," jelasnya.

Tak jauh dari komplek makam kaum, ada sebuah makam bernama Mbah Panjang. Kondisi di lokasi, makam tersebut tergerus longsor karena berada di lereng.

6. Makam Wali Kundu di Leuwi Gajah

Makam Enyang Dalem Santoan Wali Kundu terletak di gang keramat, Leuwi Gajah. Wali Kundu adalah cucu dari Adipati Kertamanah, seorang keturunan kelima dari Prabu Siliwangi yang dimakamkan di daerah Soreang.

Adipati Kertamanah mempunya cucu, Eyang Santoan Kobul, Santoan Kundu, dan Santoan Kulur. Makam tersebut diduga dibuat sekitar tahun 1500. "Wali Kundu dan 2 saudaranya adalah orang-orang penyebar agama Islam di daerah Leuwigajah," kata Machmud.

Pemakaman Tua di Cimahi Melintasi Zaman

Keberadaan makam tua di Cimahi melintasi berbagai zaman. Mulai dari zaman Hindu-Budha, Kerajaan Sunda, Penyebaran Islam, hingga Era Kolonial. Bahkan eksistensi makam tua di Cimahi juga tercatat dalam tulisan atau jurnal perjalanan orang-orang Eropa. Salah satunya seorang Naturalis Jerman bernama Salomon Muller.

Muller adalah salah satu anggota Natuutkundige Commissie voor Nederlandsch-Indie atau Komisi Ilmu Alam Hindia Belanda yang ditugaskan untuk meneliti kondisi geografis, flora, dan fauna di Priangan.

Dalam laporan perjalanan Muller 3 Januari 1833, ia menemukan sebuah makam tua di Distrik Cilokotot atau sekarang dikenal Cimahi, tepatnya di daerah Jambu Dipa atau kawasan Cisarua, sekarang.

Diketahui, dahulu Cimahi merupakan daerah di bawah distrik bernama Cilokotot yang merupakan bagian dari Kabupaten Bandung. Wilayah Cilokotot meliputi daerah setingkat kecamatan (onderdistrik) yaitu Cimahi, Padalarang, Batujajar, dan Cisarua.

Machmud mengatakan, jika melihat gambaran makam tua yang ditulis Muller, besar kemungkinan makam tersebut adalah peninggalan Sunda Kuno. Pasalnya, cerita tentang pohon hanjuang yang dikaitkan dengan kematian terdapat dalam kisah peperangan Sumedanglarang dengan Cirebon.

"Ini adalah tipikal makam sunda kuno. Kalau kita pernah mendengar cerita Sumedang Larang ketika berperang dengan Cirebon, penandanya adalah pohon hanjuang," pungkasnya.(Suara.com)

Cimahi Makam Viral Makam Bersejarah TPU


Loading...