Jalan Kolonel Masturi Bisa Kembali Dilewati Wisatawan yang akan Menuju ke Lembang

Jalan Kolonel Masturi Bisa Kembali Dilewati Wisatawan yang akan Menuju ke Lembang
Petugas mengatur lalu lintas di pertigaan jalan menuju Manoko, setelah Jalan Utama Kolonel Masturi, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat ditutup sementara akibat longsor yang terjadi pad
Editor: Malda Teras KBB —Kamis, 4 November 2021 11:40 WIB

Terasjabar.id - Akses Jalan Kolonel Masturi, tepatnya tepatnya di Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah dibuka kembali.

Sebelumnya, Jalan tersebut sempat ditutup sementara akibat longsor yang terjadi pada Selasa (2/11/2021) sehingga arus lalu lintas menuju kawasan Lembang dari arah Kecamatan Parongpong dan Kota Cimahi maupun sebaliknya dialihkan sementara menuju Jalan Manoko - Jalan Mandarin.

"Sudah dibuka," kata KBO Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi, Erin Heriduansyah saat dihubungi pada Kamis (4/11/2021).

Hanya saja, kata dia, akses jalan tersebut hanya bisa diperbolehkan bagi kendaraan kecil. Sedangkan kendaraan berukuran besar dilarang untuk melewati jalan tersebut.

"Kendaraan-kendaraan besar dilarang. Dialihkan ke jalan lain," tegas Erin.

Pihaknya, kata dia, akan menempatkan petugas dan memasang rambu-rambu lalu lintas.

"Personel siang saja kita pemantauan dan pemasangan rambu-rambu saja," tuturnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, Jalan Kolonel Masturi tempatnya di Kampung Keramat yang merupakan turunan curam akan ditutup kembali apabila hujan deras turun.

Sebab, kondisi saat ini masih berbahaya dan rawan terjadinya longsor susulan mengingat kondisi tanah yang labil.


"Sudah (dibuka) hanya jika terjadi hujan besar kita akan tutup kembali untuk sementara waktu," kata Duddy.

Untuk penanganan sementara, lanjut Duddy, pihaknya bersama petugas gabungan sudah membersihkan material longsoran, menutup retakan tanah yang terjadi diatas tebing dan mengevakuasi penghuni satu rumah yang berada di atas tebing.

Namun untuk jangka panjang, kata dia, tebing tersebut harus diberi penguatan dengan Tembok Penahanan Tanah (TPT). Pihaknya sudah mengajukan pembuatan TPT ke Pemprov Jabar mengingat jalannya berstatus milik provinsi.

"Untuk penguatan tebing perlu dibuatkan TPT. Mengingat status jalan adalah jalan propinsi kami telah menyampaikan ke Dinas PU Propinsi Jawa Barat," pungkas Duddy.

Seperti diketahui, Jalan Kolonel Masturi merupakan jalan utama dari arah Parongpong, Cisarua dan Cimahi untuk menuju kawasan wisata Lembang.(Suara.com)

Kolmas Longsor KBB Bandung Barat Cimahi


Loading...