Berkebaya Bali, Sukmawati Soekarnoputri Menjalani Prosesi Pindah Agama Memeluk Hindu

Berkebaya Bali, Sukmawati Soekarnoputri Menjalani Prosesi Pindah Agama Memeluk Hindu
(Miftahul Chusna/Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 26 Oktober 2021 11:01 WIB

Terasjabar.id - Sukmawati Soekarnoputri menjalani ritual Sudhi Wadani atau pindah agama Islam ke Hindu, Selasa (26/10/2021). Inti dari ritual Sudhi Wadani adalah ucapan sumpah memeluk Hindu.

Sukmawati tiba di Bale Agung di Jalan Mayor Metra Singaraja, Bali, tepat pukul 09.30 Wita. Tempat itu adalah kediaman neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, yang juga ibu presiden pertama Soekarno.

Mengenakan kebaya Bali, Sukmawati turun dari mobil dengan pengawalan dari polisi. Di lokasi upacara, pengamanan juga dilakukan oleh kepolisian, TNI dan pecalang.

Upacara Sudhi Wadani berlangsung tertutup. "Kami batasi untuk keluarga besar, PHDI dan saksi saja dengan protokol kesehatan yang ketat," kata penglingsir Bale Agung, Jro Made Arsana.

Rangkaian upacara diawali dengan pengucapan sumpah yang berlangsung di Bale Sangkepan Pasek yang ada di dalam komplek Bale Agung.

Sukmawati mengucapkan sumpah memeluk Hindu dihadapan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan disaksikan sejumlah saksi. Putri proklamator itu lalu menandatangani sumpah.

Sukmawati selanjutnya akan menjalani metatah atau potong gigi di Bale Gede. Tempat ini dulunya merupakan rumah asli Srimben, ayah Soekarno tinggal dari kecil sampai gadis. Di prosesi terakhir, Sukmawati lalu bersembahyang di pura merajan dadia yang merupakan pura keluarga besar Bale Agung.

Disadur dari Sindonews.com

Sukmawati Soekarnoputri Hindu Ritual Sudhi Wadani


Loading...