Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Lebih Murah Dibanding Galaxy A

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Lebih Murah Dibanding Galaxy A
(Askara.co : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 26 Oktober 2021 08:32 WIB

Terasjabar.id - Inilah Galaxy seri M pertama yang sudah mendukung jaringan 5G: Samsung Galaxy M52 5G. Fiturnya banyak, tampilannya indah, dan lebih murah dibanding Galaxy A. Seperti apa?

Berbeda dengan seri A, Galaxy seri M dulunya memiliki 2 ciri khas. Pertama, baterai besar yang ditonjolkan bisa tahan seharian. Kedua, pemasarannya terbatas secara online saja (di marketplace atau situs resmi Samsung).

Sekarang, spesifikasi seri A dan seri M semakin bersinggungan. Galaxy M52 5G ini memiliki banyak sekali kesamaan dengan Galaxy A52s 5G.
Bedanya di ukuran layar, baterai, kamera, dan sertifikasi anti air dan debu IP68. Spesifikasi seri M52 5G sengaja diposisikan berada di bawah seri Galaxy A52s 5G. Nah, berikut pengalaman Sindonews saat mencoba Galaxy M52 5G:

Unboxing

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Jika dilihat dari kotak dan isi boksnya, memang Galaxy M52 5G ini sangat sederhana. Boksnya tidak premium. Isi di dalamnya hanya ada charger, kabel, dan buku panduan. Tidak ada jelly case. Bahkan, tidak ada screen protector di layarnya. Jadi, pastikan jika Anda memesan Galaxy M52 5G untuk membeli terlebih dulu pelindung layar layar dan case gara ponsel terlindungi.

Desain
Garis desain Samsung Galaxy M52 5G masih menganut ciri khas seri M di 2021. Bisa dilihat dari back cover dengan garis tipis vertikal berbahan plastik polikarbonat. Tapi, dikemas dengan finishing glossy.

Yang berbeda adalah desain model kamera yang sedikit berbeda dibanding seri M sebelumnya. Modulnya justru mirip Samsung seri A.

Untuk posisi tombol-tombolnya masih serupa ponsel seri M lainnya. Meski layarnya sudah AMOLED, tapi belum dibekali finger print unlock.

Dimensi bodi Galaxy M52 5G cukup tipis dan ringan. Ini berbeda dengan seri M Samsung sebelumnya yang tebal-tebal karena memang mengusung baterai besar dan tahan lama. Ketebalan bodinya 7,4 mm, menjadikan Galaxy M52 5G sebagai ponsel Samsung dengan dimensi paling tipis dibanding seri M lainnya.

Ada tiga varian warna yang bisa dipilih. Yakni Icy Blue, Blazing Black, dan White. Warna Icy Blue yang diulas Sindonews cukup menarik dan cocok untuk mereka yang percaya diri.

Layar

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Layar Galaxy M52 5G menggunakan resolusi 1080 x 2400 full HD plus. Ukuran layarnya besar, yakni 6.7 inci. Cocok untuk mereka yang suka dengan ponsel berlayar besar, misalnya untuk streaming atau bermain game. Apalagi, layarnya sudah Super AMOLED Plus dengan refresh rate 120 Hz. Nyaman sekali untuk scrolling media sosial atau ngegame.

Kamera Depan

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Kamera depan sudah berdesain punch hole. Menariknya, kamera selfie itu mengusung resolusi 32 MP yang mampu merekam video hingga 4K 30fps. Ini yang membedakan M52 5G dibandingkan Samsung seri M sebelumnya.

Kamera depan 32 MP ini akan relevan untuk mereka yang suka membuat Instagram Reels, video TikTok, vlog, live streaming, dan lainnya. Dari hasil pengujian singkat Sindonews, hasil foto dan videonya bagus dan tajam.

Kamera Belakang

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Modul kamera belakang Galaxy M52 5G hanya mengusung 3 kamera. Tapi, tentang saja, karena sudah sangat cukup. Kamera utamanya 64 MP f1.8 yang akan banyak Anda gunakan. Lalu, ada kamera ultrawide 12 MP f2.2, dan kamera macro 5 MP f2.4.

Bagaimana hasilnya? Sebenarnya warna yang dihasilkan bagus dan tajam. Namun, hasilnya tidak begitu konsisten. Terkadang kelihatan bagus, tapi terkadang juga biasa saja.

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Meski, patut diakui bahwa dynamic range kamera sudah sangat baik dalam menangkap highlight dan shadow. Apalagi ketika mode HDR dinyalakan.
Untuk kualitas lensa ultrawide-nya, Samsung memang bisa memberikan standar cukup tinggi. Begitupun dengan lensa macro, benar-benar bisa digunakan dengan baik.

Di kondisi malam, hasil fotonya juga minim noise. Apalagi ketika menggunakan Night Mode. Hasilnya terang sekali. Sindonews juga suka dengan hasil rekaman videonya. Meski, memang tingkat kesetabilannya kurang. Wajar, karena Galaxy M52 5G ini belum dibekali Optical Image Stabilizer (OIS).

Performa

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Galaxy M52 5G sudah memakai prosesor Snapdragon 778 G (6nm) yang sudah mendukung 5G. Chipset ini cukup tangkas dan powerful, tidak ada masalah dalam melibas game-game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, ataupun Call of Duty Mobile.

Untuk bermain Genshin Impact, bisa lancar dengan penyetelan medium. Suhu di ponsel ini juga cukup adem. Tidak mengeluarkan panas berlebih. Sehingga nyaman saat dipakai bermain game.

Baterai

Review Samsung Galaxy M52 5G, Seri M Paling Layak Beli?


Meski kapasitas baterainya hanya 5.000 mAh, Galaxy M52 5G terbilang awet. Dari pengujian video playback dengan resolusi 1080 di 120 fps, baterainya bisa bertahan hampir 18 jam. Artinya, bisa disimpulkan bahwa ponsel ini bisa bertahan seharian tanpa mengisi daya sekalipun.

Meski demikian, pengguna masih harus membeli travel charger lagi untuk bisa mengoptimalkan fast charging 25W yang menurut Sindonews sangat penting.

Speaker
Sayangnya, speaker di Galaxy M52 5G belum stereo. Tidak ada masalah memang. Tapi, ponsel dengan speaker stereo ganda memberikan pengalaman audio yang lebih nyaman untuk menunjang visual.

Selain itu, tidak ada lobang jack headphone 3.5 mm. Jadi, untuk menikmati musik dan menonton film pengguna harus menggunakan TWS atau speaker bluetooth.


Kesimpulan
Dengan banderol Rp5.399.000 (8/128 GB), Galaxy M52 5G menawarkan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna Samsung: jaringan 5G, bodi tipis dan indah, foto dan video berkualitas. Ponsel ini adalah alternatif jika Galaxy A52s 5G dirasakan terlalu mahal. Juga, mereka yang mencari ponsel 5G Samsung dengan fitur prima di semua lini, dengan banderol Rp5 jutaan.

Disadur dari Sindonews.com 

Samsung Samsung Galaxy M52 5G Spesifikasi Harga


Loading...