Diguyur Hujan Deras, Massa BEM SI Tetap Longmarch Menuju Istana

Diguyur Hujan Deras, Massa BEM SI Tetap Longmarch Menuju Istana
Diguyur Hujan, BEM SI tetap longmarch ke Istana Foto: Rakha/detikcom
Editor: Malda Teras Techno —Kamis, 21 Oktober 2021 12:32 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah massa aksi gabungan dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi dalam rangka peringatan 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Massa tetap melanjutkan longmarch menuju Istana Merdeka, Jakarta, meskipun diguyur hujan deras.
Pantauan detikcom, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pukul 11.20 WIB, Kamis (21/10/2021), sejumlah mulai berkumpul di seberang Lapangan parkir IRTI Monas. Mereka mulai berkumpul dan membentuk barisan.

Terlihat para massa aksi terdiri dari perempuan dan laki-laki. Mereka tampak menggunakan jaket almamater khas kampusnya masing-masing.

Longmarch dimulai dari depan Kantor Kementerian BUMN menuju ke arah Bundaran Patung Kuda. Di tengah hujan yang deras, para massa aksi tampak tak gentar. Mereka tetap membentangkan spanduk bertuliskan '7 Tahun Jokowi Khianati Rakyat'.

Saat longmarch, tampak petugas kepolisian mengawal aksi massa. Kendaraan yang melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan tampak diberhentikan sejenak.

Sekitar pukul 11.40 WIB, massa aksi mulai berorasi di depan pintu Monas, dekat Patung Kuda. Mereka belum diperkenankan mendekat ke arah Istana Merdeka oleh kepolisian yang ada di sekitar lokasi. Aparat kepolisian mengimbau agar para massa tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Saya himbau untuk tetap pakai masker dan jaga jarak. Jangan ada yang buka masker walaupun hujan, nanti dari polisi akan memberikan masker gratis untuk mengganti masker yang basah," ujar seorang petugas kepolisian lewat pengeras suara.

Seperti diketahui, Aliansi BEM SI menggelar aksi peringatan evaluasi 2 tahun Kabinet Indonesia Maju. Massa aksi tersebut akan berkumpul di sekitar IRTI Monas, Jakarta Pusat.

"Aksinya nanti di IRTI titik kumpul jam 10.00 WIB mengenai evaluasi 2 tahun Jokowi," kata Koordinator Media BEM SI, Naufal, saat dihubungi detikcom, Kamis (21/10).

Dia mengatakan aksi tersebut telah berdasarkan kajian. Selain itu terdapat sejumlah tuntutan yang akan dibacakan massa aksi seperti jamin kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, tegakkan marwah akademik, mencabut revisi UU KPK, UU Minerba, UU Cipta Kerja, dan aturan turunannya, evaluasi total Kabinet Indonesia Maju, dan lainnya.

(rak/fas.Detik.com)


BEM SI Long march Istana IRTI


Loading...