Gempa Bumi Terkini, Mengguncang Sukabumi Berkekuatan Magnitudo 4,1, Bikin Warga Terbangun

Gempa Bumi Terkini, Mengguncang Sukabumi Berkekuatan Magnitudo 4,1, Bikin Warga Terbangun
(Dok. BMKG : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 21 Oktober 2021 08:30 WIB

Terasjabar.id - Gempa bumi tektonik menggunggang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (21/10/2021) pukul 01.53 WIB.

Dalam keterangannya, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu, mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,1.

Episenter terletak pada koordinat 7,72 LS dan 106,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 kilometer barat daya Kabupaten Sukabumi.

Pusat gempa berada di kedalaman 20 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menghujam ke bawah Lempeng Eurasia," ujarnya.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.

Seorang warga Cigaru, Simpenan, Rudi (35), mengaku merasakan gempa bumi tersebut.

"Sangat terasa guncangannya di Cigaru, tidur pun terbangun," kata via pesan singkat.


Disadur dari Tribunjabar.id

Gempa Bumi Jabar Kabupaten Sukabumi BMKG


Loading...