Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta ??

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta ??
(Tekno Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Jumat, 15 Oktober 2021 13:34 WIB

Terasjabar.id POCO X3 GT yang banderol Rp4,4 juta (8GB/128GB) dan Rp4,8 juta (8GB/256GB) mengambil posisi di antara POCO X3 Pro dan POCO F3. Apa sebenarnya yang membuat ponsel ini istimewa?

POCO X3 GT adalah ponsel 5G yang terbilang solid di hampir semua lini. Dari kameranya, layarnya, performanya, baterai, hingga desain. Smartphone ini menjawab kebutuhan mereka yang sudah menantikan ponsel 5G dengan banderol dibawah Rp5 juta.

Kenapa harus ponsel 5G? Karena penggunanya tidak ingin berganti ponsel dalam waktu singkat. Memiliki ponsel 5G saat ini artinya berhemat untuk masa depan. Ketika jaringan 5G sudah semakin luas di adopsi, POCO X3 GT sudah siap. Ini karena spesifikasi ponsel tersebut masih tetap relevan setidaknya hingga 2-3 tahun kedepan.

Nah, berikut yang dirasakan Sindonews saat memakai POCO X3 GT :

Desain

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Dimensi POCO X3 GT cukup menarik. Lebih pendek 0,9 mm dan lebih tipis 0,5 mm dibanding POCO X3 Pro yang dibanderol 6/128GB (Rp3,5 juta) dan 8/256 GB (Rp4 juta) itu. Sebab, baterai POCO X3 Pro memang lebih besar (5.160 mAh vs 5.000 mAh).

Tapi, desain POCO X3 GT sebenarnya lebih kekinian. Bodi belakangnya mengusung tekstur garis-garis vertikal kasar yang enak digenggam dan finishing mate. Posisi kamera juga di sebelah kiri bodi, tidak seperti POCO X3 Pro yang masih di tengah dan terkesan sedikit jadul.

Dibanding POCO X3 Pro, POCO X3 GT juga lebih enak ditangan untuk scrolling sosial media, bermain game, dan nonton film.

Untuk posisi tombol, sama dengan ponsel POCO lainnya. Ada tombol volume dan power (finger print unlock). Sedangkan di sisi kanan ada selot SIM ejector (Dual SIM) tanpa SD Card. Dibagian bawah, ada grill speaker dan selot USB C. Di atas, hanya ada speaker dan Infrafred Blaster. Tidak ada selot jack 3.5 mm.

Layar

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Walau dimensinya mirip, tapi layar POCO X3 GT lebih kecil 0,1 inci dibanding POCO X3 Pro. POCO X3 GT menggunakan spesifikasi layar yang terbilang prima. Yakni LCD IPS 6,6 inci FHD+ (1080 x 2400 piksel), refresh rate 120Hz, HDR 10, kecerahan 450 nits, dan sudah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Gorilla Glass Victus biasa ditemukan di ponsel flagship seperti Xiaomi Mi 11 Ultra karena jadi proteksi layar terbaik saat ini. Bahkan lebih baik dibanding POCO F3 yang masih memakai Gorilla Glass 5. Jadi, ideal untuk pengguna yang “jorok” dan ceroboh dalam menggunakan ponsel.

Layar POCO X3 GT terasa cerah dan tajam untuk bermain game atau menonton video. Sedikit minus, mungkin karakter layar IPS LCD yang tidak terlalu prima dibawah sinar matahari langsung. Tapi, selain itu tidak ada komplain.

Performa

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Performa adalah fitur paling menarik di POCO X3 GT. Inilah ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan MediaTek Dimensity 1100. Jika chip Dimensity 700 disebut chip 5G terbaik untuk ponsel kelas entry level, maka Dimensity 1100 adalah chip 5G terbaik di kelas mid range.

Performa POCO X3 GT dengan Dimensity 1100 (6 Nm) dan GPU Mali-G77 mengalahkan POCO X3 Pro yang memakai Snapdragon 860 (7 Nm). Skor AnTuTu POCO X3 GT tembus 574.000. Sedangkan POCO X3 Pro di angka 540.000.

Sindonews mencoba game seperti Asphalt 9 dan Transformers: Forged to Fight dengan lancar. Terkadang bisa mendapat 60 fps. Begitupun PES 2021, Genshin Impact, hingga PUBG mobile. Di PUBG Mobile, penyetelannya bisa mencapai Smooth Extreme hingga HDR Ultra.

Selama bermain, Sindonews jarang sekali mengalami frame drop. Hanya sesekali di Genshin Impact saat melawan musuk yang lumayan banyak. Ponsel pun tidak terlalu terasa panas. Intinya, Dimensity 1100 adalah ponsel yang bisa diandalkan untuk multitasking hingga melibas game-game berat.

Kamera

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


POCO X3 GT punya tiga kamera. Kamera utama 64 MP, f/1.8, PDAF, 26 mm (wide). Lalu kamera ultreawide 8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide). Dan kamera makro 2 MP, f/2.4.

Kualitas kameranya cukup baik, walau memang tidak terlalu istimewa. Beberapa catatan, seperti exposure yang kurang terang, akurasi warna kurang tepat, serta ketajaman yang tidak lebih baik dibanding POCO X3 Pro.

Agaknya dalam hal pemrosesan gambar, Snapdragon masih lebih baik dibanding MediaTek. Tapi, sebenarnya untuk pemakaian harian kamera utama 64 MP milik POCO X3 GT sudah sangat piawai.

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Hasil foto dalam kondisi menjelang sore yang tetap tajam. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Nah, kamera depan 16 MP POCO X3 GT justru lebih tajam dan natural dibandingkan POCO X3 Pro. Dimensi fotonya juga tidak terasa flat. Terutama setelah update ke MIUI 12.5.5. Jadi, POCO X3 GT sangat ideal untuk membuat video Tik Tok.

Baterai

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Baterai adalah favorit Sindonews di POCO X3 GT. Walau hanya 5.000 mAh, tapi sudah mendukung pengisian daya fast charging hingga 67W. Ini pengisian daya terbaik di kelasnya, bahkan hanya seimbang dengan Xiaomi Mi 11 Ultra yang dibanderol Rp17 juta. Dampaknya, Sindonews tidak pernah merasa kehabisan baterai. Hanya dalam 30 menit, baterai yang tersisa 7 persen sudah mencapai 77 persen.

Bayangkan Anda bangun tidur dengan baterai 20 persen. Silahkan mandi, dandan, dan sarapan, maka baterai sudah 100 persen dan siap digunakan beraktivitas seharian.

Menurut Sindonews, ketahanan baterai POCO X3 GT juga cukup baik. Dengan layar yang terus menyala untuk bermain game, Sindopnews mengunduh aplikasi selama 2 jam non stop dan baterai hanya berkurang 25% saja.

Speaker

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Rasanya hanya POCO dan Xiaomi yang menganggap speaker ganda sebagai fitur penting. Padahal, memang sangat penting. Speaker ganda membuat suara lebih tebal, lebih jernih, dan lebih keras. Ketika bermain Call of Duty: Mobile, suara tetap terdengar jika salah satu speaker tertutup telapak tangan.

Dan speaker POCO X3 GT menurut Sindonews memiliki suara yang sangat enak. Tanpa headphone jack, kegiatan menonton film dan bermain game lebih seru karena suaranya jernih. Bassnya juga terdengar, dengan dentuman yang keras. Bahkan di volume 50 persen suara sudah nyaman. Dimensi audio/musik juga terasa. Bahkan dual speaker POCO X3 GT lebih baik dibandingkan POCO F3. Bisa jadi karena tuning Dolby Atmos yang membuat suara POCO X3 GT terasa sangat asyik.

Kesimpulan

Review POCO X3 GT, Inikah HP 5G Terbaik di Bawah Rp5 Juta?


Setelah mencoba menggunakan POCO X3 GT dalam waktu yang cukup lama, Sindonews menyimpulkan bahwa ini adalah pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan ponsel 5G dibawah Rp5 juta.

Prosesor MediaTek Dimensity 1100 memiliki performa yang kencang. Meski belum AMOLED, layar IPS LCDnya sudah Full HD dengan refresh rate 120 Hz yang nyaman untuk scrolling dan ngegame.

Baterai 5.000 mAh dengan fast charging 67W sulit untuk diimbangi ponsel lain di harga yang sama. Kamera meski tidak terlalu istimewa, tapi sudah 64 MP. Dan terakhir, POCO X3 GT sudah siap dengan jaringan 5G yang tahun depan akan semakin meluas.


Disadur dari Sindonews.com

Poco X3 GT Spesifikasi Harga


Loading...