Makna di Balik Google Doodle Hari Ini: Angka 23 dan Kue Cokelat yang Menyapa

Makna di Balik Google Doodle Hari Ini: Angka 23 dan Kue Cokelat yang Menyapa
Editor: Admin Teras Techno —Senin, 27 September 2021 15:27 WIB

Terasjabar.id-

Google merayakan ulang tahunnya yang ke-23 pada hari ini, Senin 27 September 2021, dengan beranda animasi Google Doodle yang menampilkan kue cokelat.

Dalam laman resminya, raksasa teknologi dari Amerika itu menjelaskan bahwa perusahaan berdiri dengan diawali satu pertemuan yang kebetulan dapat mengubah hidup banyak orang.

“Dalam kasus Google, pertemuan kebetulan antara dua ilmuwan komputer mengubah arah Internet dan kehidupan jutaan orang,” tertulis dalam laman resmi Google, Senin 27 September 2021.

Pada 1997, Sergey Brin, seorang mahasiswa pascasarjana di Stanford University, menunjukkan Larry Page, yang sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjana pada saat itu, di sekitar kampus. Tahun berikutnya, keduanya membangun mesin pencari bersama di kamar asrama mereka dan mengembangkan prototipe pertama. “Pada 1998, Google resmi lahir.”

Google, sebagai sebuah perusahaan, secara teknis didirikan pada 4 September 1998—dengan sejarah mesin pencari yang sebenarnya berasal dari 1996. Perusahaan tersebut, mungkin secara sewenang-wenang, memilih 27 September sebagai hari untuk merayakan ulang tahunnya secara tradisional. 

Tujuan para pendirinya, Sergey Brin dan Larry Page, sejak awal adalah membangun mesin pencari untuk kumpulan informasi yang sangat besar dan berkembang pesat di internet. Nama Google pun mencerminkan hal itu, yakni permainan angka yang sangat besar, 10 pangkat 100, yang oleh para matematikawan disebut sebagai "googol".

Di luar itu, kantor pusat Google, yang sekarang dikenal sebagai 'Googleplex', merupakan jumlah yang lebih besar, 'googolplex', yaitu 10 pangkat googol.

Dalam laman pencariannya disebutkan Doodle hari ini hadir menjadi sebuah tradisi yang dimulai pada Agustus 1998 untuk merayakan festival Burning Man. Ini adalah festival beberapa hari sebelum perusahaan itu didirikan.

Google Doodle hari ini menampilkan huruf-huruf penyusun kata Google yang dilapisi gula dan taburan cokelat. Huruf 'L' adalah lilin yang berkedip-kedip yang duduk di atas kue dua tingkat, di mana angka '23' tertulis. Setelah beberapa detik, lapisan bawah kue terlihat memiliki wajah kartun yang konyol, saat satu tangan terulur dan mengangkat bagian atas kue seolah-olah menyapa. 

Di beberapa belahan dunia, Google juga merayakan ulang tahunnya yang ke-23 pada hari ini dengan penawaran khusus dari Google Store. Kesepakatan ini juga akan membuka kunci item promosi/diskon untuk digunakan saat smartphone terbarunya, Google Pixel 6, diluncurkan, kemungkinan bulan depan. 

Saat ini, setiap hari, ada miliaran pencarian di Google dengan lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia. Mesin servernya telah tumbuh dari awalnya menggunakan lemari dari balok mainan menjadi kini ditempatkan di lebih dari 20 pusat data secara global. “Tapi. misinya untuk membuat informasi dunia dapat diakses oleh semua orang tetap sama. Selamat Ulang Tahun yang ke-23, Google!” kata Google.

(tempo.co)

Google Google Doodle Ulang Tahun Google


Loading...