Mahasiswi Cantik Ini Berbagi Tips Mencatat Pelajaran yang Efektif

Mahasiswi Cantik Ini Berbagi Tips Mencatat Pelajaran yang Efektif
okezone
Editor: Admin Pendidikan —Senin, 27 September 2021 08:49 WIB

Terasjabar.id--Penting bagi mahasiswa untuk mencatat pelajaran kuliah yang diterangkan oleh dosen mereka. Catatan tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari kuis, ujian, atau keperluan di dunia kerja jika suatu waktu diperlukan.

Dalam video milik akun TikTok (@cattybooxiu), seorang mahasiswi cantik menjelaskan secara singkat mengenai cara efektif mencatat pelajaran kuliah. Dirinya juga menjamin cara tersebut dapat menghindari mahasiswanya dari mengulang mata kuliah terkait.

Teknik mencatat ini dinamakan teknik Cornell Notes. Dalam catatan kuliahnya, terdapat beberapa komponen yang terbagi dalam beberapa kolom yaitu tanggal catatan dibuat, note/catatan, keyword/kata kunci/ serta summary/rangkuman.

Dalam kolom keyword, mahasiswa baiknya menulis kata kunci serta konsep penting dalam mata kuliah tersebut. Mahasiswa juga bisa menambahkan pengertian singkat mengenai kata kunci, khususnya yang baru dipelajari.

Dalam kolom note, mahasiswa menulis catatan-catatan yang dipelajari. Catatan mereka bisa berbentuk paragraf, penjelasan singkat, bagan, atau apapun yang membuat mereka nyaman membacanya.

Dan dalam kolom summary, mahasiswa merangkum apa yang sudah dipelajari setelah kelas berakhir, menggunakan pemahaman pribadi. Rangkuman ini berguna untuk menghafal dan dianggap akan lebih bertahan lama di otak

(OKEZONE)

teknik mencatat Mahasiswi Cantik cornell notes


Loading...