Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 126 127 128 130 Buku Tematik: Permainan Kasti

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD Halaman 126 127 128 130 Buku Tematik: Permainan Kasti
Buku Tematik
Editor: Admin Pendidikan —Minggu, 26 September 2021 10:38 WIB

TERASJABAR.ID - Berikut ini kunci jawaban Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 6 Buku Tematik halaman 126, 127, 128, dan 130.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 3 memiliki judul Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Subtema 3 Buku Tematik berjudul Ayo Cintai Lingkungan.

Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban Subtema 3 Pembelajaran 6 di halaman 126, 127, 128, dan 130.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut ini kunci jawaban Tema 3 kelas 4 SD halaman 122 123 124 125 Subtema 3: Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Halaman 126

Apakah kamu masih ingat cara bermain kasti? Hari ini kamu dan teman- temanmu akan mempraktikkan kembali permainan kasti.

Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu semakin terampil dalam bermain.

Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan permainan tersebut.

Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok dan memenangkan pertandingan.

Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Jawaban:

Agar permainan kasti dapat berjalan dengan baik, ada beberapa peraturan permainan yang perlu dipaham di antaranya:

1. Jumlah pemain kasti tiap regu adalah 12 orang, dengan salah satu pemain bertindak sebagai kapten. Setiap pemain wajib mengenakan nomor dada dari 1 sampai 12. Ditambah pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.

2. Waktu permainan dilakukan dalam 2 babak. Tiap-tiap babak 20 – 30 menit. Diantara tiap babak diberikan istirahat 15 menit.

3. Pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu.

4. Regu Pemukul setiap pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul sampai 3 kali.

Sesudah memukul, alat pemukul harus diletakkan di dalam ruang pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan di luar, maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika ia segera meletakkannya di dalam ruang pemukul.

Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul.

5. Regu penjaga bertugas mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul.

Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika kosong.

6. Pelambung bertugas melambungkan bola sesuai permintaan pemukul Jika bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul boleh untuk tidak memukulnya.

Jika ini terjadi sampai 3 kali berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama.

7. Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi apabila: Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola.

Bola pukulan regu pemukul ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut, dan Alat pemukul lepas ketika memukul.

Kunci Jawaban Halaman 127

Setelah selesai bermain kasti, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan hari ini dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?

*) Jawaban di sesuaikan dengan siswa yang sudah melaksankan permainan kasti

Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?

*) Jawaban di sesuaikan dengan siswa yang sudah melaksankan permainan kasti

Apa rencanamu agar lebih terampil dalam bermain kasti?

Jawaban:

1. Berlatih dengan sunggguh sungguh

2. Mengulangi kembali cara cara yang sudah di pelajarai di sekolah

3. Ikut kegiatan extra agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kunci Jawaban Halaman 128

Ayo Berlatih

Sebelumnya kamu telah menulis laporan tentang hasil wawancara yang telah
kamu lakukan.

Sekarang kamu akan mempresentasikan laporan yang telah kamu tulis dalam kelompok.

Sebelum kamu melakukan presentasi, diskusikan dengan temanmu apa saja yang harus dipenuhi agar presentasi berhasil dengan baik.

Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Jawaban:

Laporan Hasil Wawancara

I. Latar Belakang

Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang sikap mencintai lingkungan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan memperdalam pemahaman kami tentang berbagai sikap warga di sekitar tempat tinggal kami dalam mencintai lingkungan.

III. Topik Wawancara

Mencintai Lingkungan Sekitar

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan

Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal: Senin, 2 September 2019
Waktu: pukul 08.00 – 09.00
Tempat: Kampung Damaruta

V. Laporan Hasil Wawancara

Narasumber : Bapak Damar
Pewawancara: Lani

Hasil Wawancara:

Pada hari Senin, 2 September 2019, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan wawancara kepada Bapak Damar tentang sikap warga mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menjelaskan bahwa warga Kampung Damaruta sebagian besar sudah melaksanakan sikap mencintai lingkungan sekitranya.

Hal ini dapat dicermati dari kegiatan warga yang membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bhakti membersihkan lingkungan, membuat bak penampung sampah, menanam pohon di sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik. Namun masih ada sebagaian warga yang masih belum sadar akan pentingnya cinta lingkungan.

VI. Kesimpulan

Mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh warga masyarakat Kampung Suka Makmur. Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup nyaman. Selain itu kita juga telah melaksanakan kewajiban kita terhadap lingkungan.

Kunci Jawaban Halaman 130

1. Sebutkan ciri-ciri pertanyaan yang baik untuk wawancara. Berikan contoh.

Jawaban:

Ciri - ciri pertanyaan yang baik untuk wawancara:

- Pertanyaan yang diajukan sesuai dengan topik 

- Menggunakan bahasa yang baik dan benar

- Tidak memberikan pertanyaan diluar topik atau bidang narasumber

- Kalimat pertanyaan tidak rancu atau tidak jelas.

- Tidak mengandung kalimat yang menyinggung salah satu pihak

- Dalam menyampaikan pertanyaan hendaknya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat

- Perhatikan intonasi saat berbicara.

Contoh: Dalam proses pembangunan suatu gedung baru di area tertentu, apakah ada izin yang menyangkut pihak-pihak sekitar area tersebut pak?

2. Sikap dan keterampilan apa saja yang diperlukan ketika melakukan wawancara?

Jawaban:

Sikap :

- Harus sopan dalam bersikap

- Tidak memotong pembicaraan

- Jika temanya bukan untuk wawancara pribadi, jangan menanyakan hal yg terlalu pribadi

- Pandangan mata harus memandang ke arah informan

Keterampilan :

- Bertanya apa yang belum dipahami

- Mencatat jawaban-jawaban yang dianggap penting

3. Mengapa kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian hewan? Jelaskan.

Jawaban:

Agar hewan tersebut tidak terancam punah serta agar keseimbangan ekosistem di alam ini tetap terjaga.

4. Apa hak dan kewajiban kita terhadap hewan? Jelaskan.

Jawaban:

Hak: memelihara hewan

Kewajiban: merawat hewan dengan baik

Jika kita sudah memutuskan untuk memelihara hewan, maka kita harus merawat dengan  baik.

Memberi makan secara teratur dan juga membersihkan hewan serta tempat tinggalnya.

5. Apa saja yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan langka?

Jawaban:

- Tidak melakukan pemburuan liar

- Melestarikannya di taman suaka margasatwa

- Merawat dengan baik.

6. Kelompokkan hewan-hewan yang kamu ketahui berdasarkan karakteristik tempat hidupnya.

Jawaban:

Udara: kelelawar, lebah, burung

Darat: ayam, sapi, kerbau

Air: ikan, penyu, anjing laut

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Yurika)


Kunci Jawaban Tema


Loading...