Guru di Sulsel Ceramah Berjam-jam Buat Siswa Nyaris Pingsan Diduga Sakit Jiwa

 Guru di Sulsel Ceramah Berjam-jam Buat Siswa Nyaris Pingsan Diduga Sakit Jiwa
Foto: Ilustrasi. (iStock)
Editor: Admin Teras Viral —Jumat, 24 September 2021 15:41 WIB

Terasjabar.id -

Guru SMP yang viral karena ceramah berjam-jam hingga siswa nyaris pingsan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Usman, diduga mengalami gangguan kejiwaan. Disdik Bone kini mengagendakan pemanggilan terhadap Usman.


"Kita secara kedinasan akan memanggil dia apa betul seperti orang sampaikan (alami gangguan kejiwaan)," ucap Sekretaris Dinas Pendidikan Bone, Nursalam saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (24/9/2021).

Disdik Bone lebih dulu meminta keterangan kepala sekolah tempat Usman mengajar. Usman memang diduga sedang mengalami gangguan kejiwaan.

"Makanya saya sarankan kepala sekolah untuk suruh dia berobat, tapi dia tidak merasa sakit, itu juga susahnya," katanya.

Menurut Nursalam, Usman merupakan guru pindahan dari Sulawesi Tengah. Usman baru mengajar di SMP Negeri 3 Dua Boccoe pada tahun 2016.

"Dia 2016 pindah dari sana (Sulawesi Tengah), menurut info di sana dia memang seperti itu," katanya.

Usman Berprilaku Tak Wajar dan Larang Lomba Adzan
Selama mengajar di Bone, Usman memang kerap dianggap berprilaku tak seperti orang-orang pada umumnya.

"Misalnya begini, dia siapa saja temui pasti dia ceramah, tidak perhatikan kondisi dan situasi jadi kadang orang tinggalkan dia kalau sudah bosan," katanya.

Usman juga semakin dianggap memiliki gangguan kejiwaan karena pernah melarang lomba adzan. Dia menilai adzan bukan untuk diperlombakan.

"Ada kegiatan lomba adzan di sekolah itu dia marah tidak setuju karena adzan bukan untuk dilombakan tapi untuk memanggil orang salat. Jangan memanggil orang salat katanya jam-jam 9 jam 10," tutur Nursalam.

Diberitakan sebelumya, Usman viral di media sosial setelah ceramah berjam-jam hingga membuat para siswa lemas di kelas. Aksi ini dilakukan Usman pada Kamis (16/9) lalu.

Namun pihak Disdik Bone menegaskan jika Usman hanya berceramah di kelas, tidak ada upaya penyekapan hingga kekerasan kepada siswa seperti banyak beredar di media sosial.
(news.detik.com)

Guru Ceramah Berjam-jam Viral Sulsel


Loading...