Diduga ODGJ, Pria yang Serang Ustaz di Kepri Kerap Bikin Resah Warga

Diduga ODGJ, Pria yang Serang Ustaz di Kepri Kerap Bikin Resah Warga
Foto: Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Adhyasta-detikcom)
Editor: Admin Teras Viral —Jumat, 24 September 2021 14:26 WIB

Terasjabar.id -

Polisi menangkap pria berinisial H karena menyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago saat ceramah di Masjid Baitusyakur, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). H ternyata disebut sering meresahkan warga sekitar di tempat asalnya, yakni Kecamatan Banda Mulia, Aceh karena sakit jiwa.


"Surat keterangan dari Kecamatan Banda Mulia yang jelaskan bahwa pelaku saudara H meresahkan masyarakat karena sakit jiwa. Warga Dusun Alur Hitam, Kampung Telaga Meuku Dua. Jadi ada catatan dari tempat dia asalnya," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (24/9/2021).

Ramadhan menjelaskan H diduga merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Polda Kepri pun melakukan pemeriksaan kejiwaan untuk memastikan dugaan tersebut.

"Kemudian rencana tindak lanjut yang akan dilakukan Polda Kepri melakukan pemeriksaan kejiwaan. Artinya, ini sekali lagi bukan berarti kita lepaskan langsung. Tapi kita tetap untuk memastikan kita lakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap pelaku," tuturnya.

"Seperti yang saya sampaikan tadi, selain gunakan psikolog dari kita, kita juga ada psikolog pembanding dari luar dan juga tentu dokter ahli jiwa," sambung Ramadhan.

Adapun H tercatat pernah dirawat di rumah sakit jiwa (RSJ) di Banda Aceh selama 3 tahun. Kala itu, H juga pernah melarikan diri dari RSJ.

Sementara itu, Ramadhan menyebut pelaku dan korban tidak saling mengenal. Saat diperiksa polisi, kata Ramadhan, H tidak fokus.

"Pelaku saat diperiksa oleh penyidik tidak fokus dan tidak bisa menjawab pertanyaan penyidik. Pelaku dan korban tidak saling mengenal," imbuhnya.

(news.detik.com)

ODGJ Penyerangan Ustaz Aceh


Loading...