Hadapi Musim Hujan, Pemkot Cimahi Sudah Siap Siaga Dengan Tim Kecebong

Hadapi Musim Hujan, Pemkot Cimahi Sudah Siap Siaga Dengan Tim Kecebong
Gambar Ilustrasi
Editor: Malda Teras Viral —Rabu, 22 September 2021 15:31 WIB

Terasjabar.id - Sampah menjadi permasalahan yang seolah tak pernah menemui titik akhir. Di Cimahi, sejumlah sungai harus menerima beban berat aliran sampah yang sulit dikendalikan. 

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, M Nur Kuswandana, dari sejumlah aliran sungai di Kota Cimahi, sungai yang paling berat menerima beban sampah rata-rata berada di Cimahi Selatan.

"Sungai-sungai ini antara lain Sungai Cibaligo, Cibeureum, Cisangkan, dan Cihaur," ujar M Nur Kuswandana, di Kantor Pemkot Cimahi, Rabu (22/9/2021).

Menurut Nur, yang paling parah kondisinya adalah Sungai Cibaligo dan Cibeureum yang melewati Cimindi. Salah satu faktornya adalah karena banyak sampah pasar di wilayah ini.

Salah satu langkah yang dilakukan DPKP, kata Nur, adalah menurunkan Tim Kecebong yang akan memantau kondisi dan aliran sungai.

Tim ini akan langsung bergerak cepat saat melihat kondisi sungai dan drainase yang mengalami malfungsi.

Tugas tim ini adalah untuk membersihkan sampah yang akan selalu memberikan dampak buruk jika dibiarkan mengalir ke sungai.

"Selain menyebabkan banjir, sampah juga menjadi salah satu pemicu tercemarnya sungai di Kota Cimahi. Bukan hanya tercemar, kualitasnya pun terlihat buruk dan warnanya sudah tidak jernih lagi," ucap Nur

Nur mengatakan bahwa Tim Kecebong yang diturunkan selalu rutin menyusuri sungai dan drainase di Kota Cimahi.

Salah satunya untuk membersihkan sampah-sampah. Setelah dibersihkan, sampah-sampah itu kemudian diangkut petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi.

"Jadi Tim Kecebong yang membersihkan dari sungainya, nanti pengangkutannya oleh DLH. Kota kerja sama," ujar Nur.

Nur meminta masyarakat untuk tidak membuang sampai ke sungai agar sungai tidak semakin tercemar serta untuk mencegah terjadinya banjir.

Sebab perilaku buruk itu akan menambah beban sungai sehingga kian tercemar dan dikhawatirkan bisa memicu terjadinya banjir. (Tribunjabar.id)







Sampah Cimahi Selatan Sungai Musim Hujan Pemkot Cimahi


Loading...