Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang

Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang
KASKUS
Editor: Admin Kuliner —Kamis, 16 September 2021 15:47 WIB

Terasjabar.id--Berasal dari Yogyakarta, angkringan ternyata juga populer sampai ke luar negeri. Ada juga kisah orang-orang asing yang tertarik mencicipi beragam menu angkringan yang ikonik.

Angkringan terlihat sederhana karena hanya berupa gerobak kayu yang menawarkan makanan-makanan murah seperti nasi kucing dan aneka sate. Tapi siapa sangka kesederhanaan ini justru membuat angkringan menarik di mata-mata orang asing.

Seorang bule Amerika di Yogyakarta, misalnya, pernah memamerkan momennya cicip kopi jos. Ia terkesima dengan racikan kopi unik plus tambahan arang panas ini.

Lalu ada juga YouTuber Korea Selatan yang populer di Indonesia, Hari Jisun. Saking cintanya dengan angkringan, ia bahkan memperkenalkan menu-menu angkringan ke temannya di Korea.

Tak ketinggalan kisah menarik bule Swiss jualan angkringan di Kediri. Lalu ada angkringan Yogyakarta yang mangkal di Tokyo. Pada tahun 2019, foto-foto angkringan di Jepang ini sempat viral.


Berikut 5 kisah angkringan yang bikin orang asing kepincut:

1. Bule Amerika cicip kopi jos


Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di JepangAngkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: YouTube Martin Johnson


Martin Johnson adalah bule yang kini tinggal di North Idaho, Amerika Serikat. Pada 2016, ia tinggal di Yogyakarta dan mencicipi beragam kuliner khas yang ada di sana.

Salah satunya hidangan angkringan di pinggir jalan. Dengan mengendarai motor, Martin tampak antusias menyambangi salah satu gerobak angkringan. Ia memperlihatkan aneka sate seperti usus ayam dan kepala ayam yang dijual di sana.

Martin juga melihat cara pembuatan kopi jos. "Pakai bubuk kopi yang sangat bagus seperti bubuk espresso. Ditambah air panas," katanya. Ia lantas menyaksikan arang panas dimasukkan ke dalam segelas kopi. "Kopi yang kental dan rasanya kuat. Tapi saya bilang ini enak," katanya usai mencicipi kopi jos.

2. Hari Jisun kalap di angkringan Solo


Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di JepangAngkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: YouTube Hari Jisun



Angkringan bukan hanya ada di Jogja, melainkan juga di Solo. YouTuber asal Korea Selatan yang sering cicipi makanan Indonesia, Hari Jisun mampir ke angkringan di Jalan Srigading, Solo. Keseruan ini ia pamerkan di YouTube (15/10/19).

Bersama adiknya, ia mengunjungi Wedangan Pendopo. Layaknya orang lokal, ia bahkan mengambil sendiri menu-menu di angkringan. Mulai dari sate pisang goreng, sate daging, sate tahu, hingga sosis solo jadi pilihannya.

Mereka terkejut dengan cita rasa makanan di angkringan. Untuk siomay yang dibakar, misalnya, terasa enak karena mirip dumpling. Mereka juga suka ketan bakar yang berisi cokelat lumer di dalamnya. "Ini enak banget karena luarnya crispy gurih, cokelatnya meleleh banget," kata Hari Jisun.

3. Hari Jisun buka warung angkringan


Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di JepangAngkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: YouTube Hari Jisun

Saking sukanya makanan angkringan, Hari Jisun sampai 'menghadirkan' warung angkringan khas Jogja ke Korea Selatan. Unggahannya (21/4/21) memperlihatkan ia masak sendiri menu angkringan untuk teman-temannya. Mulai dari sate telur puyuh, singkong goreng hingga nasi kucing.

Hari Jisun bahkan membuat nasi kucing persis seperti di angkringan dengan bungkusan berupa kertas nasi. Di dalamnya ada lauk tempe orek dan sambal.

"Kalau di angkringan Mbak Jisun, lauknya nggak boleh sedikit. Jadi namanya nasi Harimau. Kebanyakan di angkringan lauknya sangat sedikit, aku nggak mau, (nasi kucing) punyaku harus banyak," kata Hari Jisun kala itu

4. Bule Swiss jadi penjual angkringan

Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di JepangAngkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: YouTube Crazy Rich Kampoeng

Ada pemandangan berbeda pada angkringan di Kediri ini. Penjualnya bukan warga lokal, melainkan bule asal Swiss. Unggahan YouTube Crazy Rich Kampoeng (4/6/21) memperlihatkan suasana angkringan tersebut.

Lokasinya di pinggir jalan dan penjualnya merupakan orang Indonesia keturunan Swiss. Sang ayah berasal dari Swiss dan ibunya berasal dari Kalimantan. Ia bersama teman masa kecilnya mendirikan usaha angkringan. Temannya ini ternyata juga keturunan Amerika.

Makanan yang disajikan cukup beragam. Ada sate-satean dan nasi kucing yang bisa dinikmati hangat-hangat di sini. Minuman hangat seperti teh dan wedang jahe jadi pelengkap yang pas.

5. Angkringan Jogja mangkal di Tokyo

Angkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di JepangAngkringan Bikin Orang Asing Ketagihan hingga Bisa Mangkal di Jepang Foto: Facebook Jun Kitazawa

Kepopuleran angkringan ternyata sampai juga ke Ikebukuro, Tokyo. Pada tahun 2019, viral foto-foto gerobak angkringan mangkal di sana. Inisiatornya adalah Jun Kitazawa.

Seniman asal Jepang ini bekerja sama dengan komunitas orang Indonesia yang tinggal di Jepang. Mereka membuat proyek NOWHERE OASIS yang berlangsung selama 1 - 10 November 2019. Dalam proyek tersebut Jun Kitazawa memamerkan art atau seni melalui gerobak angkringan khas Yogyakarta.


Di gerobak angkringan itu benar-benar tersedia makanan dan minuman seperti halnya yang ditemui di Yogyakarta. Penjualnya pun bisa berbahasa Jawa

(DETIK.COM)

murah meriah angkringan angkringan orang asing bule


Loading...