Kejar Herd Immunity, Pemerintah Gandeng Universitas Gelar Vaksinasi Covid-19

Kejar Herd Immunity, Pemerintah Gandeng Universitas Gelar Vaksinasi Covid-19
Peserta vaksinasi di Sentra Vaksin Covid-19 Universitas Budi Luhur sejak 21 Juni hingga 14 September 2021 mencapai 54.382 orang. (Foto: Antara)
Editor: Evayuniarty Teras Health —Rabu, 15 September 2021 15:28 WIB

Terasjabar.id-

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19. Pemerintah mengejar herd immunity (kekebalan kelompok masyarakat) dengan mempercepat vaksinasi Covid-19 di masyarakat 

Dalam program vaksinasi ini pemerintah menggandeng berbagai lembaga swasta dan lembaga pendidikan. Salah satunya untuk wilayah Jakarta Salatan bekerja sama dengan Universitas Budi Luhur.

Peserta vaksinasi di Sentra Vaksin Covid-19 Universitas Budi Luhur sejak 21 Juni hingga 14 September 2021 mencapai  54.382 orang, masing-masing 28.153 orang dosis pertama dan dosis kedua 26.229 orang. Program ini melibatkan 71 relawan mahasiswa, 54 relawan dosen dan 93 tenaga kesehatan dari Puskesmas Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Kami dari Kementerian Kesehatan mengucapkan terima kasih atas dukungan ini. Vaksin hanya satu strategi dalam pengendalian Covid-19 masih kita hadapi bahwa kita ketahui kurva pendemi Covid-19 sudah dikendalikan sekarang sudah turun. Ini yang perlu kita jaga bersama agar kurva Covid-19 bisa kita kendalikan dan turun," ujar Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes, dr Prima Yosephine, MKM.

Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr Wendi Usino mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu pemerintah dengan mewujudkan pelayanan tertib dalam kegiatan vaksin. Dia pun bersyukur masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Secara pribadi dan mewakili sivitas akademika Universitas Budi Luhur, saya sangat bersyukur dapat berperan aktif dalam pemberian vaksin kepada masyarakat menuju herd immunity sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan terkendali melalui prokes Covid-19. Alhamdulillah dari target 45.000 vaksin, telah dilakukan vaksinasi sebanyak 54.382 vaksin di Sentra Vaksinasi UBL, jauh di atas target," ujar Dr Wendi.

Ketua Yayasan Pendidikan Cakti Budi Luhur, Kasih Hanggoro MBA mengatakan, antusias masyarakat sangat besar dalam mengikuti vaksinasi. Dalam 3 bulan masyarakat dapat terlayani dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan.

"Selama 3 bulan banyak yang kita kerjakan bersama-sama. Vaksinasi berjalan dengan baik, kami selalu siap membantu untuk bangsa dan negara. Semoga kita bisa lepas Covid-19," kata Kasih.

(inews.id)

Vaksinasi Covid-19 Herd Immunity Universitas Budi Luhur


Loading...