Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan Saling Puji, Sinyal Berpasangan di Pilpres 2024?

Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan Saling Puji, Sinyal Berpasangan di Pilpres 2024?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram)
Editor: Malda Teras Viral —Rabu, 15 September 2021 15:25 WIB

Terasjabar.id - Berawal dari pujian Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka terhadap keberhasilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam melakukan vaksinasi, menjadi sorotan publik.

Menurut Gibran, cara Pemerintah Provinsi DKI mengebut vaksinasi COVID-19 patut dicontoh daerah lain, termasuk wilayah kerjanya.


“Yang saya jadikan percontohan pasti Jakarta. Jakarta vaksinasinya sudah di atas 100 persen. Solo juga harus mengejar,” ujar Gibran saat menghadiri acara donor darah PWNU DKI Jakarta, belum lama ini.

Mengutip telisik.id, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama mengaku kebingungan untuk melakukan vaksinasi kepada 2,5 juta warga ber-KTP DKI Jakarta yang belum divaksinasi.

“Masih ada 2,5 juta orang DKI yang enggak tahu ngumpet di mana ini belum divaksin, saya juga bingung ini,” kata dia.

Lantas, kenapa jumlah penerima suntik vaksinasi di DKI mencapai lebih dari 100 persen?

Pemprov DKI Jakarta mencatat telah melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama kepada 8.951.693 orang atau 100,1 persen sampai 14 Agustus 2021,



Sedangkan untuk dosis kedua sudah berhasil mencakup 4.181.318 orang atau 46,8 persen.

“Cakupan vaksin 100,1 persen di DKI Jakarta belum menyasar seluruh warga berdomisili Jakarta. Sebab, angka tersebut adalah akumulasi dari total keseluruhan vaksinasi di ibu kota,” kata Irma Yunita, Humas Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.


Kembali dengan pujian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun membalas memuji kepemimpinan Gibran.

Gibran dinilai sebagai pemimpin muda yang punya ikhtiar besar menuntaskan pandemi COVID-19.

“Sesungguhnya itu adalah pujian buat semua. Jadi, bukan saja dialamatkan ke Gubernur tapi dialamatkan kepada kerja bersama,” kata Anies di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Anies mencontohkan, kerja bersama tersebut antara lain Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI Jakarta, dan Pangdam Jaya yang berkolaborasi dengan target yang sama dan berkat penanganan berjalan dengan baik, serta vaksinasi sesuai rencana.

“Kami terima kasih sekali kepada Mas Gibran, Pak Wali Kota memberikan perhatian kepada Jakarta dan memantau apa yang kami kerjakan di sini,” ujar Anies.

Anies menyampaikan pujian juga kepada Gibran sebagai Wali Kota karena pencapaian vaksinasi di Solo sebesar 98 persen.

“Itu bukan sesuatu yang sederhana karena kita tahu persis kerumitan melakukan proses vaksinasi. Jadi, Solo bisa mencapai 98 persen, kepemimpinan Mas Gibran itu menunjukkan ada satu ikhtiar besar,” ungkap Anies.

Sikap Gibran memberikan pujian kepada Anies, disebut-sebut akan mengikuti jejak ayahnya, Presiden Joko Widodo yang sebelumnya Wali Kota Solo (2005-2012).

Saat itu, Jokowi berhasil merebut kursi Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai wakil gubernur.

Namun Gibran menegaskan dirinya berkomitmen untuk menuntaskan tugas memimpin Kota Surakarta.

“Nggak. Saya di Solo (Surakarta) kok,” kata Gibran menanggapi rumor tersebut.(Suara.com)

Gibran DKI Jakarta Viral Anies Baswedan


Loading...