Diduga Tak Kuat Menanjak, Tronton Terjun ke Jurang di Tanjakan Gentong Tasikmalaya

Diduga Tak Kuat Menanjak, Tronton Terjun ke Jurang di Tanjakan Gentong Tasikmalaya
Editor: Evayuniarty Hot News —Rabu, 15 September 2021 15:15 WIB

Terasjabar.id-

Truk tronton Z 9769 TB sarat muatan terjun ke jurang di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (15/9/2021). Kecelakaan tersebut terjadi saat truk tak kuat menanjak akibat kelebihan muatan kemudian mundur lalu terjun ke jurang.

Beruntung sopir dan kernet dari truk tronton ini hanya mengalami luka-luka, meski truk mengalami kerusakan cukup parah. Kedua korban pun langsung dibawa ke puskesmas terdekat.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, truk  muatan bata ringan ini melaju dari arah Bandung menuju Tasikmalaya ini. Diduga mangalami rem blong sehingga tak kuat menanjak di jalur Gentong atas hingga terjun ke jurang. Akibatnya semua muatan bata ringan tumpah ke jurang bersama truknya.

Sementara itu, di lokasi Gentong bawah, sebuah mobil truk bermuatan batu hias  AB 8108 DC yang dikendarai Suraji (48) warga Purworejo,  terguling dan masuk jurang serta menghantam proyek tembok penahan tanah.

Truk yang membawa batu hias dari Yogyakarta dengan tujuan Sukabumi ini terbalik dan seluruh muatan batu tumpah ke jurang. 

Kanit Lantas Polsek Kadipaten, Iptu Edy Suprayitno mengatakan, truk diduga tak kuat menanjak karena dari arah bawah menggunakan gigi dua sehingga tidak kuat menanjak. Sopir panik ketika akan pindah transmisi ke gigi satu saat melintasi tanjakan. Truk akhirnya mundur dan masuk ke jurang.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Sopir hanya mengalami luka ringan karena meloncat dari pintu mobil di saat truk akan masuk ke jurang," ujar Edy.

Sampai saat ini, bangkai truk yang rusak itu belum dievakuasi lantaran medan yang terjal dan lokasinya tepat di bawah tanjakan jalan. Kasus kecelakaan lalu lintas ini pun ditangani Unit Laka Lantas Satlantas Polres Tasikmalaya Kota.
(inews.id)

Tanjakan Gentong Tasikmalaya


Loading...