Cuaca Buruk Terjadi saat Pesawat Rimbun Air Jatuh usai Menabrak Gunung

Cuaca Buruk Terjadi saat Pesawat Rimbun Air Jatuh usai Menabrak Gunung
(Istimewa Via Merdeka.com)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 15 September 2021 14:05 WIB

Terasjabar.id - Petugas gabungan telah menemukan pesawat PK-OTW yang dikabarkan telah hilang kontak. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustof Kamal mengatakan, pesawat tersebut ditemukan di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya, pada pukul 11.00 WIT.

"Pukul 11.00 WIT anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa telah menemukan pesawat Rimbun Air PK-OTW di Kampung Bilogai Distrik Sugapa di Ketinggian 2.400 M, Koordinat 7219979585751," kata Kamal dalam keterangannya, Rabu (15/9).

Kamal menjelaskan, pada saat kejadian tersebut cuaca kurang baik atau kurang mendukung. Pesawat itu diduga menabrak gunung saat akan mendarat.

"Pada saat kejadian cuaca memang kurang mendukung. Jadi diperkirakan pesawat akan landing, namun landasan tidak terlihat jelas, karena jatuhnya pesawat ini tidak terlalu jauh dengan bandara," jelasnya.

Lokasi kejadian jatuhnya pesawat tersebut berjarak 800 meter dari bandara. Sehingga dapat ditempuh dengan menggunakan motor.

"Dari lokasi bandara dengan jatuhnya pesawat sendiri itu 800 meter dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor, kemudian harus berjalan kaki menuju perbukitan untuk sampai di Titik jatuhnya pesawat," sebutnya.

Tim gabungan TNI-Polri dan Pemuda gereja langsung menuju ke TKP guna melakukan evakuasi para korban pukul 12.30 WIT. Tiga korban dalam kejadian ini adalah Mirza (Pilot), Fajar (Copil) dan Iswahyudi (Enginering).

"Saat ini tim gabungan TNI-Polri bersama pemuda gereja sedang melakukan evakuasi. Kondisi secara real baik pesawat maupun kru pesawat, kita masih menunggu tim sampai di TKP," ungkapnya.

"Karena jatuhnya pesawat terjadi di perbukitan sehingga tim gabungan saat ini sedang menuju ke lokasi evakuasi, mudah-mudahan 2 sampai 3 jam ke depan sudah tiba di lokasi dan segera melakukan evakuasi, kru pilot dan juga barang-barang yang ada di dalamnya," tutupnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (SAR) Timika, George Leo Mercy Randang mengatakan, hilangnya kontak pesawat tersebut dikarenakan diduga menabrak sebuah gunung.

"Indikasi jika lost contact, pesawat Rimbun diperkirakan menabrak gunung di sekitar Sugapa Intan Jaya," kata Mercy.

Disadur dari Merdeka.com 

Pesawat Rimbun Air PK OTW Distrik Sugapa Papua Kabupaten Intan Jaya Satgas Yonif 501 Petugas Gabungan


Loading...