Ratusan Burung Pipit Mati Mendadak di Balai Kota Cirebon, Ini Dugaan Penyebabnya

Ratusan Burung Pipit Mati Mendadak di Balai Kota Cirebon, Ini Dugaan Penyebabnya
(Tribun Jabar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 15 September 2021 11:43 WIB
Terasjabar.id - Ratusan burung pipit mati secara misterius di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, pada Selasa (14/9/2021).
Bangkai burung pipit tersebut berserakan di sekitar pepohonan yang berada di halaman depan hingga belakang Balai Kota Cirebon.
Petugas Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon juga telah mengambil sampel untuk diuji laboraturium.
Sampel burung pipit diuji laboratium menggunakan alat PCR di Balai Veteriner Subang karena fasilitas yang tersedia di Kota Cirebon belum memadai.
Medis Veteriner DPPKP Kota Cirebon, drh Tri Angka, mengatakan, hingga kini penyebab kematian ratusan burung pipit itu belum dapat dipastikan karena harus menunggu uji lab.
Namun, menurut dia, dari analisis sementara diduga burung pipit tersebut mati akibat faktor perubahan cuaca sehingga tidak dapat beradaptasi.
"Ini dugaan awal, karena untuk pembuktian ilmiahnya harus menunggu hasil uji sampel selesai," kata Tri Angka kepada Tribuncirebon.com, Rabu (15/9/2021).
Ia mengatakan, burung-burung itu tidak sempat beradaptasi akibat cuaca berubah secara mendadak dalam waktu singkat.
Selain itu, hujan mengguyur wilayah Cirebon dan sekitarnya selama hampir sehari penuh meski intensitasnya tidak terlalu deras.
Pihaknya juga menduga burung pipit tersebut baru saja memakan tanaman yang mengandung pestisida sehingga berdampak buruk pada konidisinya.
"Ini prediksi awal, hanya dugaan, dan belum tentu kebenarannya. Untuk lebih jelasny harus menunggu uji lab selesai," ujar Tri Angka.



Disadur dari TRibunjabar.id

Burung Pipit Balai Kota Cirebon Mati Uji Laboraturium


Loading...