Langkah Awal Belajar UTBK yang Efektif, Cepat dan Mudah

Langkah Awal Belajar UTBK yang Efektif, Cepat dan Mudah
Sudah siap menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN? Ini dia langkah awal belajar UTBK yang efektif, cepat dan mudah. Foto/Dok/SINDOnews
Editor: Evayuniarty Pendidikan —Selasa, 14 September 2021 09:31 WIB

Terasjabar.id- Walaupun penyelenggaraan UTBK SBMPTN masih cukup lama, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri mulai sekarang. Jika kamu tergolong sebagai pejuang PTN yang ngambis (ambisius) masuk PTN impian, tentu sudah merancang langkah awal belajar UTBK, kan? Sudah sejauh mena persiapanmu?

Cara Cepat Belajar UTBK
Nah, saat merancang cara belajar, beberapa di antara kamu pasti sering bertanya, materi apa yang harus dipelajari? Apakah belajar TPA atau TPS dulu? Sebelum lebih jauh mencerapkan cara cepat belajar UTBK, ada sejumlah kriteria yang harus kamu perhatikan, antara lain:

Mengasah Rasa Penasaran
Sebelum menghadapi UTBK, kamu harus memiliki rasa penasaran yang kuat. Tak hanya rasa penasaran pada soal-soal yang mungkin keluar, kamu juga harus mengasah rasa penasaran terhadap semua materi pelajaran.

Karena, menurut penelitian, rasa penasaran yang kuat terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Jadi, semakin kuat rasa penasaran yang kamu miliki, maka kamu akan lebih cepat dan mudah menerima segala informasi. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil belajar yang kamu terapkan untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK nanti.

Belajar Sebelum Siap
Saat mencoba latihan soal UTBK, kamu mungkin merasa khawatir saat menghadapi soal-soal yang susah, kan? Hal itu wajar terjadi kepada siapa pun. Namun, jika kamu ingin mempersiapkan diri dari sekarang, kamu harus mengubah rasa takut dan ketidaksiapanmu menjadi keberanian. Jangan pernah takut gagal, karena masih banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuanmu menghadapi soal-soal UTBK yang sulit.

Fokus Pada Hal yang Mudah Diatur
Kamu tentu tidak bisa menjamin segala hal berjalan sesuai keinginanmu. Terkadang, tanpa disadari, kamu lebih fokus pada hal-hal yang tidak bisa diatur saat belajar UTBK. Misalnya membayangkan tingkat kesulitan soal yang bakal keluar, persaingan yang ketat hingga apa yang harus kamu lakukan ketika gagal lolos PTN impian nanti, kan?

Ingat, semua itu tidak bisa kamu kendalikan sesuai keinginanmu. Jika terlalu fokus pada hal semacam itu, kamu akan kehabisan energi dan melupakan hal-hal penting lainnya yang justru bisa kamu atur. Misalnya waktu belajar yang efektif, catatan materi yang sudah kamu rangkum, atau semua upaya mengikuti cara cepat belajar UTBK yang kamu kerjakan.

Hal ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan UTBK nanti, kamu mungkin menghadapi soal-soal yang sulit dan cenderung fokus mengerjakannya. Tanpa disadari, masih banyak soal lain yang lebih mudah yang seharusnya bisa kamu kerjakan lebih dulu. Pada akhirnya, energimu terkuras hanya untuk menjawab soal yang sulit sampai waktu ujian habis.

3 Langkah Awal Belajar UTBK
Lantas, bagaimana cara belajar UTBK yang cepat dan efektif? Ada tiga langkah awal yang bisa kamu manfaatkan saat belajar materi UTBK, antara lain:

Membangun Kebiasaan Belajar
Saat membangun kebiasaan belajar yang efektif, kamu harus menerapkan manajemen waktu yang lebih efisien. Agar lebih mudah, kamu bisa membuat jurnal belajar dengan fokus untuk mengerjakan apa yang bisa dikerjakan hari ini, merencanakan apa yang bisa dikerjakan besok dan meninggalkan kegiatan yang kurang penting.

Setelah membuat jurnal belajar, cobalah untuk mengevaluasinya. Cari tahu apa saja materi yang telah kamu kuasai dalam jurnal tersebut, mana materi yang belum dan materi yang susah untuk dikuasai. Lewat cara ini, kamu bisa menganalisa kemampuanmu menjawab soal-soal UTBK secara lebih baik.

Menganalisa Medan
Ibarat prajurit yang sedang berperang, agar peluang lolos UTBK makin tinggi, kamu harus menganalisa medan yang akan kamu hadapi. Caranya, kamu harus mulai fokus pada soal-soal yang kemungkinan diujikan pada UTBK, hingga jurusan apa yang sesuai dan berpotensi lolos. Kamu bisa mulai dari jurnal belajar yang sudah kamu buat. Dari jurnal tersebut, kamu sudah bisa menentukan kemampuanmu menguasai materi UTBK. Tidak ada salahnya jika kamu mengikuti try out sebagai simulasi.

Membuat Perencanaan yang Matang
Yang terakhir, setelah membangun kebiasaan belajar dan menganalisa medan, mulailah untuk merancang perencanaan yang matang. Rencana ini dapat memotivasi kamu lebih giat dan semangat menghadapi UTBK. Ingat kembali, apa tujuanmu mengikuti UTBK? Bayangkan bagaimana saat kamu lolos masuk PTN yang kamu impikan?

Materi Apa yang Lebih Dulu Dipelajari?
Nah, setelah menerapkan 3 langkah awal belajar UTBK, selanjutnya kamu bisa mulai memetakan materi apa saja yang harus lebih dulu dipelajari. Bagi kamu yang sering bertanya belajar TPA atau TPS dulu? Sebaiknya kamu mulai memahami materi TPS terlebih dahulu. Kenapa begitu?

Sesuai namanya, Tes Potensi Skolastik (TPS) biasanya membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama. Berbeda dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA) yang biasa kamu pelajari di sekolah, TPS bukan materi yang bisa dihafal, karena memerlukan penalaran dan pemahaman untuk menjawab soal-soalnya.

Selain itu, soal-soal TPS bakal keluar di semua kelompok ujian. Bahkan beberapa Ujian Mandiri yang digelar PTN dan PTS mengujikan materi berbasis soal TPS. Walaupun tidak bisa dihafalkan, materi TPS memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah dari materi TPA, sehingga peluangmu mendapatkan nilai tinggi pun semakin besar.

Nah, itulah beberapa cara cepat belajar UTBK yang bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang mempersiapkan diri menghadapi UTBK sejak awal.

Selamat mencoba!

(sindonews.com)

UTBK SBMPTN PTN TPA TPS


Loading...