Ingin Kuliah di Luar Negeri? Pelajari 5 Tips Berikut

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Pelajari 5 Tips Berikut
Ilustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka.(DOK. PEXELS)
Editor: Evayuniarty Pendidikan —Kamis, 9 September 2021 09:45 WIB

Terasjabar.id-Bisa mengenyam pendidikan di luar negeri tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Selain bisa menambah wawasan dengan tinggal di negara orang, lulusan dari universitas luar negeri tentu akan mendapatkan nilai plus di curriculum vitae (CV). 

Melansir dari laman ican-education.com, Rabu (8/9/2021), ada perbedaan kurikulum yang membuat sebagian besar universitas di luar negeri hanya menerima pelajar dengan ijazah internasional. Ijazah ini sering pula disebut sebagai International Baccalaureate atau A Level.

Namun, jika hanya memiliki ijazah dengan kurikulum nasional, kamu bisa terlebih dahulu mengambil program Foundation atau Pathway.  Bagi kamu yang akan mendaftar, penting untuk mengetahui tips agar bisa kuliah di luar negeri. Yuk simak bersama tips berikut ini. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

1. Persiapkan sertifikat bahasa Inggris

Hampir semua universitas di luar negeri meminta sertifikasi bahasa Inggris sebagai syarat masuk. Kamu perlu mengikuti ujian IELTS atau TOEFL dan harus mendapatkan skor sesuai persyaratan yang berlaku. Untuk skor IELTS program S1 di luar negeri adalah sekitar 6,5. Sementara itu, untuk TOEFL kamu membutuhkan skor 80 untuk TOEFL iBT. Jika skor kamu belum cukup untuk lolos, kamu bisa mengambil kelas persiapan ujian TOEFL atau IELTS.

2. Terjemahkan semua dokumen

Semua dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Kamu harus menggunakan jasa penerjemah bersertifikasi agar keasliannya terjamin serta bebas dari segala bentuk penyalahgunaan. Kadang, ada calon mahasiswa lupa menerjemahkan dokumen yang dibutuhkan. Hal ini penting diperhatikan, terutama jika kamu melakukan pendaftaran secara mandiri, tanpa agen pendidikan. 

3. Memiliki sumber dana pendidikan

Kamu perlu memiliki sumber dana yang jelas untuk segala proses pendaftaran. Ini juga berlaku untuk biaya kuliah, syarat pengurusan visa dan biaya hidup. Jika kamu membutuhkan tambahan dana, maka kamu bisa mendaftar beasiswa dari lembaga tertentu. Sumber dana pendidikan bisa datang dari beasiswa, student loan atau bantuan dari universitas. Banyak pula universitas yang menyediakan potongan biaya studi sesuai kualifikasi yang dimiliki calon mahasiswa. Cari tahu mengenai beasiswa atau potongan sebelum kamu mendaftar

4. Ketahui cara pendaftaran sesuai ketentuan negara

Setiap negara memiliki sistem pendaftaran khusus. Misalnya, jika ingin kuliah di Inggris, maka kamu harus mendaftar melalui UCAS. Ini adalah pendaftaran terpusat di Inggris dan kamu bisa memilih sebanyak 5 program studi. Perlu juga untuk memperhatikan setiap tahapan admission di universitas tujuan. Kamu perlu mengikuti semua tahapannya dengan benar. Jika masih kurang jelas, bisa menghubungi pusat bantuan di universitas tujuan. Baca juga: Jurusan Kuliah bagi Kamu yang Suka Berhitung hingga Travelling

5. Jurusan yang bisa dipilih untuk kuliah di luar negeri

Jurusan yang bisa dipilih tergantung pada minat dan bakat kamu. Banyak universitas yang menawarkan jurusan yang cukup unik dan hanya tersedia di negara tujuan. Beberapa jurusan yang paling sering dipilih untuk kuliah di luar negeri adalah:

  • Medis atau Kesehatan
  • Sosial dan Politik
  • Hukum
  • Sastra dan Seni
  • Sejarah dan Antropologi
  • Teknik

Teknik Masing-masing universitas menetapkan syarat sendiri untuk semua program atau jurusan yang ditawarkan. Calon mahasiswa perlu mengunjungi situs resmi untuk mengetahui semua persyaratan khusus universitas tersebut.

Kamu perlu menentukan terlebih dahulu jurusan yang ingin dipilih dan perhatikan semua persyaratan penting program tersebut. Perlu diingat, beberapa negara mungkin memiliki cara pendaftaran khusus atau kamu diijinkan untuk memilih lebih dari satu pilihan program.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan sejumlah program beasiswa di luar negeri untuk mewujudkan mimpimu.(sumber:edukasi.compas.com)


program beasiswa tips kuliah di luar negri kuliah di luar negri


Loading...