GaGe Lembang, Ratusan Kendaraan Diputar Balik

GaGe Lembang, Ratusan Kendaraan Diputar Balik
Ratusan kendaraan dengan pelat nomor luar Bandung Raya yang akan mengarah ke kawasan wisata Lembang diputar balik oleh polisi, Sabtu (4/9/2021). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]
Editor: Malda Teras KBB —Sabtu, 4 September 2021 13:30 WIB

Terasjabar.id - Ratusan kendaraan berpelat nomor akhiran ganjil yang melaju dari arah Kota Bandung menuju Lembang diputar balik petugas kepolisian, Sabtu (4/9/2021).

Sistem ganjil genap itu diterapkan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi di ruas Simpang Beatrix serta Simpang Grand Hotel selama dua hari, Sabtu serta Minggu, 4-5 Septermber 2021 sejak pagi hingga sore hari.

"Iya kaget juga ternyata ganjil genap juga diterapkan di Lembang. Tadinya saya mau ke kawasan Cikole, tapi diarahkan ke kiri (menuju Cisarua)," ujar Depi Gunawan (45), salah seorang pengendara.

Kepala Satuan Lalu Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengungkapkan jika sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, setidaknya ada 107 kendaraan wisatawan dengan plat nomor luar Bandung Raya diputarbalik di Simpang Beatrix.

"Sampai siang ini sudah 107 mobil wisatawan yang plat nomornya ganjil dan dari luar daerah diputarbalik," terangnya.

Sudirianto menjelaskan jika kendaraan wisatawan dari arah Cisarua menuju kawasan Lembang terjaring ganjil genap, maka akan diarahkan menuju Bandung.

Sementara kendaraan wisatawan dari arah Bandung menuju Lembang, akan diarahkan ke Cisarua.

"Kendaraan yang dari arah Bandung, karena hari ini tanggal 4 atau genap, maka yang ganjil ditekuk kiri ke arah Cisarua. Yang dari arah Cisarua menuju Lembang, ditekuk kanan ke arah Bandung," jelas Sudirianto.

Sementara kendaraan dari arah Subang yang menuju ke Lembang sendiri sudah disekat oleh Jajaran Polres Subang.
Sehingga pihaknya lebih fokus pada pelaksanaan ganjil genap di wilayah Lembang.


"Kalau kendaraan dari arah Subang kan sudah disekat oleh Polres Subang. Makanya kita fokus ganjil genap di sini saja," tegas Sudirianto.

Pola ganjil genap tersebut diharapkan bisa menekan mobilitas wisatawan dari luar daerah yang bakal berlibur di kawasan wisata Lembang kendati saat ini objek wisata masih belum diizinkan beroperasi.

Namun restoran dan kafe sudah boleh melayani dine in selama PPKM Level 3 diterapkan.

Berdasarkan pantauan, terlihat mulai ada peningkatan volume kendaraan wisatawan di ruas Jalan Raya Lembang kendari belum signifikan.

Pihak kepolisian sendiri memprediksi puncak kedatangan wisatawan terjadi pada Minggu pagi.

"Masih didominasi kendaraan berpelat nomor aglomerasi Bandung Raya. Ganjil genap sendiri kita lakukan juga di Cimahi dan Gerbang Tol Padalarang," tukas Sudirianto.(Suara.com)

Viral Lembang Ganjil Genap Wisata


Loading...