Penjualan Cristiano Ronaldo ke MU Pengaruhi Keuangan Juventus, Untung atau Rugi?

Penjualan Cristiano Ronaldo ke MU Pengaruhi Keuangan Juventus, Untung atau Rugi?
(AFP PHOTO/ ANDREW YATES)
Editor: Admin Sport Style —Sabtu, 4 September 2021 11:36 WIB

TERAS JABAR - Juventus dikabarkan telah memperoleh keuntungan total sebesar 52,332 juta euro dari jendela transfer musim ini. Angka ini, termasuk uang yang dihemat untuk gaji serta biaya trasnfer yang harus dikeluarkan klub raksasa Serie A itu,

Batas waktu transfer kini telah berlalu di Italia, jadi tidak ada lagi pemain yang akan datang ke Turin hingga Januari mendatang.

Calcio e Finanza menghitung bahwa antara upah dan biaya transfer, Bianconeri mendapat keuntungan total 52,332 juta euro dibanding musim panas lalu.

Namun, jika upah tidak dipertimbangkan, peningkatannya hanya 24,5 juta euro. Sebagian besar dari itu adalah karena penjualan Ronaldo ke Manchester United atau MU seharga 15 juta euro ditambah bonus hingga 8 juta euro menghasilkan kerugian bersih dari biaya transfer aslinya sebesar 117 juta euro dari Real Madrid pada 2018.

Juventus telah berharap setidaknya 29 juta euro untuk menghindari kerugian atas biayanya, tetapi turun hanya di bawah 14 juta euro. Meski demikian, klub menghemat 57,350 juta euro kotor dalam upah untuk sisa tahun kontraknya.

Juventus juga menjual Cristian Romero ke Atalanta, dengan opsi 16 juta euro yang telah disepakati sebelumnya, mengakibatkan kerugian 1.264 juta euro.

Resmi

Sebelumnya, Manchester United secara resmi mengumumkan transfer Ronaldo pada hari terakhir bursa musim panas, Selasa (31/8/2021).

"Dengan gembira kami memastikan kedatangan Ronaldo dalam kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan setahun," tulis keterangan resmi klub.

Birokrasi

MU dan Juventus sebelumnya menyekapati nilai harga Ronaldo pada Jumat (27/8/2021). Setelahnya Ronaldo menyelesaikan tes medis dan menyelesaikan birokrasi sebelum akhirnya Setan Merah menyelesaikan kesepakatan.

Ronaldo sebelumnya membela MU selama enam tahun pada 2003-2009. Dia mencetak 118 gol dalam 292 pertandingan.

Kontribusi

Di Old Trafford, Ronaldo tumbuh menjadi pemain kelas dunia sebelum pindah ke Real Madrid.

Sosok asal Portugal itu kemudian hengkang ke Juventus pada 2018. Selama membela Juventus, Ronaldo tampil di 134 laga dan menyumbangkan 101 gol. Kontribusi itu berbuah dua gelar Serie A, satu Coppa Italia dan dua Piala Super Italia.

Antusias

Ronaldo menyambut antusiasi transfer ini. Dia mengaku tidak sabar segera kembali bermain di Old Trafford.

"Manchester United adalah klub yang selalu berada di hati saya. Saya kewalahan dengan banyak pesan yang hadir setelah pengumuman Jumat lalu," kata Ronaldo.

(Sumber,Liputan6.com)

Ronaldo . MU Untung Rugo


Loading...