'Sulap' 5 Makanan Tradisional Ini Jadi Waffle, Hasilnya Wow!

'Sulap' 5 Makanan Tradisional Ini Jadi Waffle, Hasilnya Wow!
Foto: TikTok @willgoz
Editor: Admin Kuliner —Selasa, 31 Agustus 2021 14:51 WIB

Terasjabar.id -  William Gozali terkenal di TikTok berkat kontennya seputar waffle. Ia bahkan 'menyulap' lima makanan tradisional ini jadi waffle. Seperti apa ya kreasinya?

William Gozali atau akrab disapa Willgoz merupakan chef, YouTuber, sekaligus seleb TikTok yang punya banyak penggemar. Di TikTok videonya sering kali viral, bahkan sampai ditonton jutaan kali.

Belakangan jawara MasterChef Indonesia musim ketiga ini fokus pada konten masak waffle. Willgoz seolah mengikuti tren croffle, paduan croissant dan waffle, yang mencuri perhatian setahun belakangan.

Bedanya, Willgoz bukan membuat waffle atau croffle biasa. Ia mengkreasikan makanan-makanan gurih yang tak pernah terbayangkan sebelumnya dengan cara memasaknya di panggangan waffle.

Eksperimennya ternyata berhasil menarik perhatian banyak netizen. Mereka dibuat heran, takjub, sekaligus penasaran dengan waffle nyeleneh ala Willgoz ini.

Ada beberapa makanan tradisional yang 'disulap' Willgoz menjadi waffle. Lima makanan berikut termasuk diantaranya:

1. Pempek

Willgoz menyebut kreasi ini sebagai 'pempek bangsawan'. Videonya (26/5) sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali. Terlihat ayah dua anak ini mengolah pempek adaan kemasan. Selanjutnya ia mengambil panggangan waffle dan mulai memasukkan satu per satu pempek adaan.

Tak lupa Willgoz memberi sedikit minyak, lalu menutup panggangan waffle. Ia sudah menekannya cukup keras, namun panggangan tak bisa tertutup sempurna.

Meski begitu, 'waffle pempek' ini tetap berhasil. Terlihat teksturnya jadi lebih pipih dengan motif kotak-kotak bekas panggangan waffle. Supaya aura bangsawannya makin terasa, Willgoz menikmati waffle nyelenehnya ini layaknya menu fine dining. Ia memotong pempek dengan pisau dan garpu lalu meminum 'wine' yang ternyata adalah cuko!

2. Cireng

Bentuk cireng di penjual gorengan biasanya bulat tak beraturan, tapi berbeda dengan criffle (cireng waffle) ala Willgoz ini. Videonya membuat cireng (9/8) sukses mencuri perhatian hingga ditonton lebih dari 1,3 juta kali.

Pria lulusan Le Cordon Bleu Australia ini membaluri cireng dengan sedikit minyak lebih dulu. Setelahnya cireng dimasak dalam panggangan waffle hingga matang. Bentuknya pun jadi mirip waffle, namun berwarna putih terang.

Willgoz menikmati criffle dengan sumpit, layaknya orang Jepang. Supaya makin enak, ia mencocolnya ke bumbu rujak. Terlihat ekspresinya begitu puas saat mencicipi criffle. "Kenapa gue mulai tertarik pengen nyoba?" komentar seorang netizen.

3. Tempe mendoan

Makanan tradisional selanjutnya yang disulap jadi waffle adalah tempe mendoan. Di awal video (2/8), Willgoz mengiris lembaran tempe hingga tipis. Setelah itu ia mencampurnya dengan tepung bumbu dan irisan daun bawang.

Setelah terbalut sempurna dengan tepung, tempe itu tidak digoreng, tetapi dimasukkan ke panggangan waffle! Hasilnya, tempe mendoan jadi persis waffle. Terlihat teksturnya lebih padat dan tebal, tidak setipis mendoan di penjual gorengan.

Bukan Willgoz namanya kalau menyantap 'waffle mendoan' dengan cara biasa. Ia memotong-motong tempe dengan pisau dan garpu lalu mencocolnya ke sambal kecap. Hidangan unik ini terlihat nikmat!

4. Ketoprak

Apa jadinya kalau ketoprak dijadikan waffle? Willgoz melakukan eksperimen gila ini dengan mengolah ketoprak di panggangan waffle (30/7). Di awal video ia memperlihatkan sebungkus ketoprak yang dibelinya dengan bumbu kacang dipisah.

Ia lalu memasukkan semua komponen ketoprak seperti tahu, bihun, dan lontong ke dalam mangkuk. Semuanya dipotong-potong jadi lebih kecil dan ditambahkan minyak.

Selanjutnya 'adonan' ketoprak ini dimasak dalam panggangan waffle sampai matang. Terlihat semua bahan jadi kesatuan yang padat dan kokoh. Willgoz menikmatinya dengan tambahan telur dadar, kerupuk, dan saus kacang. Melihat video 'waffle ketoprak' ini, netizen jadi resah. "Ayo kita susun rencana rusakin tuh mesin waffle wkwkwk," sahut seorang netizen.

5. Martabak

Tak melulu hidangan gurih, Willgoz juga membuat makanan tradisional yang manis menjadi waffle. Ia membuat marpel alias martabak wapel (29/7).

Willgoz menggunakan martabak keju yang sudah ia beli. Dua potong martabak lalu dimasukkan ke dalam panggangan waffle dan ditutup sampai rapat. Terlihat martabak jadi gepeng dan padat.

Di akhir video, Willgoz kembali menyantap waffle nyeleneh ala dirinya dengan gaya bangsawan. Ia pakai celemek hingga pisau dan garpu untuk memotong-motong marpel. Videonya ini sudah ditonton lebih dari 700 ribu kali.

(sumber:detik.com)

Makanan Indonesia Info


Loading...