Mata Kuliah Unik di Dunia, Ada yang Pelajari tentang Harry Potter!

Mata Kuliah Unik di Dunia, Ada yang Pelajari tentang Harry Potter!
(Antara/BUSINESS WIRE)
Editor: Admin Pendidikan —Selasa, 31 Agustus 2021 10:41 WIB

Terasjabar.,id -  Mata kuliah terkadang menjadi sebuah referensi dalam memilih jurusan di suatu perguruan tinggi. Misalnya, tertarik dengan mata kuliah yang membahas tentang programming, kamu bisa memilih jurusan Ilmu Komputer.

Namun, beberapa kampus ada juga yang menawarkan mata kuliah-mata kuliah unik dan tidak umum ditemukan pada kampus lainnya. Sebab itu, detikEdu merangkum deretan mata kuliah unik yang ditawarkan oleh kampus-kampus di dunia seperti yang dilansir dari laman Top Universities. Apa saja? 

  • 1. Harry Potter and the Age of Illusion

Siapa yang tidak kenal dengan Harry Potter? Jurusan Pendidikan di Durham University, Inggris menawarkan salah satu mata kuliah yang membahas tentang karya fiksi fenomenal ini. Topik yang dipelajari seputar tentang konteks sosial, budaya, dan pendidikan Harry Potter hingga mengulik bagaimana karya ini bisa sepopuler sekarang.


Selain itu, mereka juga mempelajari bagaimana suatu pemilihan diksi dalam tulisan dengan media yang berbeda hingga pengaruh karya fiksi bagi kebijakan pendidikan. Sebab itulah, mata kuliah Harry Potter and the Age of Illusion di Durham University mengeksplorasi hubungan antara Harry Potter dan pendidikan kewarganegaraan.




  • 2. Ilmu Sereal

Topik ini dinilai unik sebab biasanya mata kuliah yang sering kita temukan membahas tentang ilmu pembuatan roti. Namun, kali ini ada mata kuliah ilmu sereal yang bisa dipelajari di Kansas State University, Amerika Serikat.

Sesuai namanya, topik yang dibahas pada mata kuliah ini tentunya seputar tentang sereal. Mulai dari karakteristik sereal, kacang-kacangan, komponennya, hingga pengolahannya menjadi makanan.

  • 3. Penerbitan Buku Komik

Siapa yang suka membaca manga di sini? Sepertinya mata kuliah penerbitan buku komik yang ditawarkan oleh Minneapolis College of Art and Design (MCAD), Amerika Serikat cocok untuk kamu.

Mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswanya tentang produksi dan promosi sebuah buku komik dalam bentuk cetak atau pun penerbitan digital. Selain itu, topik yang dibahas pada mata kuliah penerbitan buku komik mencakup hal demonstrasi teknis dalam pemindaian komik, prosedur pracetak, percetakan, hingga pemasaran.

  • 4. Melupakan Udara

Salah satu mata kuliah yang ditawarkan oleh London Metropolitan University, Inggris ini memang sedikit membingungkan. Mata kuliah melupakan udara merupakan bagian dari ilmu arsitektur yang dipelajari oleh mahasiswa S2 Sekolah Seni, Arsitektur dan Desain di kampus ini.

Topik yang akan ditemukan berkaitan tentang media udara dan cara memahaminya dengan tubuh dan pikiran dalam konteks yang berbeda. Tujuan dari pembelajaran ini untuk membantu mahasiswa memahami kontruks budaya dari indera terhadap cara pandang kita pada arsitektur.

Selain itu, untuk memahami hubungan filosofi sebagai pengembangan estetika sebuah arsitektur dan juga memahami persepsi dari lingkungan sekitar.

  • 5. Paleontologi

Mata kuliah paleontologi atau studi tentang kehidupan pra sejarah berbasis pada fosil mungkin tidak terdengar asing. Namun, keunikan dapat ditemukan saat mahasiswa ikut dalam kelas paleontologi di Nazarbayev University, Kazakhstan ini.

Kelas paleontologi di Nazarbayev University pernah diminta oleh pemerintah setempat untuk mengeksekusi fosil ichthyosaur yang ditemukan di wilayah Uralsk, Kazakhstan. Bahkan para mahasiswa juga ikut dilibatkan dalam proses konservasi temuan purba tersebut.


(sumber:detik.com)

 

Mata Kuliah Indonesia pendidikan


Loading...