Kemendikbudristek: Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Maksimalkan Pembangunan Nasional

Kemendikbudristek: Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Maksimalkan Pembangunan Nasional
Foto: Dok UBSI
Editor: Admin Pendidikan —Jumat, 27 Agustus 2021 08:46 WIB

TERASJABAR.ID - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam mendorong pembangunan nasional dengan meningkatkan SDM Iptek.

Menurutnya, peran perguruan tinggi sangat penting bagi masyarakat, industri hingga mahasiswa itu sendiri.

"Dengan program Kampus Merdeka, akan ada jembatan antara pihak industri, masyarakat dan pendidik agar bisa berkolaborasi dalam memaksimalkan pembangunan nasional," tutur Nizam melalui keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Menurut Nizam, kemampuan lintas keilmuan menjadi penting untuk mendorong kemampuan mahasiswa.

LIHAT JUGA:

Sehingga mahasiswa mampu memaksimalkan kemampuannya dengan berkesempatan 1 semester di prodi lain atau 2 semester di kampus kehidupan.

“Perubahan terjadi pada pendekatan pembelajaran yang semula sempit, kemudian berubah menjadi pendekatan yang fleksibel, sehingga mahasiswa menjadi kreatif dan adaptif. Dengan Kampus Merdeka, akan terbuka kesempatan yang luas sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara kampus dengan kampus kehidupan," ujar Nizam.

Nizam mengatakan Kampus Merdeka memiliki tujuan terciptanya SDM yang unggul dengan 9 program (flagship) yang sedang berjalan beriringan.

Sembilan program tersebut, adalah program pertukaran mahasiswa, magang dan studi independen bersertifikat, kampus mengajar, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, serta beberapa program lainnya.

TONTON JUGA:

Selain itu, hampir semua program sudah berjalan, seperti digitalisasi di sekolah-sekolah, pengembangan tablet dan laptop yang disebarkan ke daerah-daerah.

Hingga akselerasi ke daerah 3T yang terkendala jaringan dan komunikasi untuk membantu masalah pembelajaran secara daring, serta pengembangan kecerdasan buatan (AI).

BACA JUGA:

Nizam berharap pembangunan nasional akan terus meningkat bersamaan dengan teknologi yang terus dikembangkan seperti laptop merah putih, kendaraan listrik merah putih, talenta digital dan lainnya.

Demi terus mendukung hal tersebut, pemerintah memberikan bantuan lewat platform digital Kedaireka, pendanaan penelitian maupun riset hingga pendanaan untuk wirausaha.

(SUMBER TRIBUNNEWS.COM)

Perguruan Tinggi.Kemendikbudristek Pembangunan Nasional Nizam Industri


Loading...