Ternyata Danau Paling Dalam di ASEAN, Bukan Toba Tapi Ini

Ternyata Danau Paling Dalam di ASEAN, Bukan Toba Tapi Ini
(Foto: iStock)
Editor: Admin Yuk Piknik —Kamis, 26 Agustus 2021 13:48 WIB

Terasjabar.id - Danau paling dalam di Asia Tenggara bukanlah Danau Toba. Ternyata, Danau Matano yang terletak di Sulawesi Selatanlah destinasi itu.

Ya, Danau Matano di Pulau Sulawesi memiliki kedalaman hingga lebih dari setengah kilometer ke dalam bumi. Kedalamannya ini puluhan meter melebihi Danau Toba yang berada di angka 505 meter."Ternyata bukan Danau Toba, #SahabatPUPR. Danau terdalam di Indonesia adalah Danau Matano di Sorowako, Sulawesi Selatan yang juga merupakan danau terdalam di Asia Tenggara. Kedalamannya mencapai 590 meter lho, Sahabat," terang Kementerian PUPR dalam unggahan Instagramnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Danau Matano merupakan kawasan yang dilindungi. Di dekat danau ini terdapat dua danau lagi yakni, Danau Mahalona dan Danau Towuti.

"Kawasan Danau Matano merupakan kawasan konservasi yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Danau ini juga merupakan habitat bagi beberapa spesies fauna dan flora endemik," terang Kementerian PUPR.

Danau Matano bakal jadi destinasi yang diperbaiki fungsi utamanya oleh pemerintah.

"Danau Matano masuk ke dalam 15 danau prioritas yang akan direvitalisasi secara bertahap oleh Kementerian PUPR. Revitalisasi danau bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai," kata Kementerian PUPR.Dihimpun dari berbagai sumber, Matano dalam Bahasa Dongi adalah mata air. Dongi merupakan sebuah desa terletak di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Dari 10 danau terdalam di Asia Tenggara, Danau Matano menduduki posisi pertama dengan kedalaman 590 meter. Danau terdalam kedua adalah Toba di Medan Sumatera Utara dengan kedalaman 505 meter kemudian Danau Poso 450 meter.

Selain memperlihatkan kedalamannya, Danau Matano juga cukup memanjakan mata karena airnya yang bersih, jernih dan tenang. Saking jernihnya, kita bisa melihat dasar danau hingga kedalaman 20 meter.

Luas Danau Matano mencapai 16.000 hektar dengan panjang sekitar 28 km dan lebar 8 km.

Tertarik mengunjungi Danau Matano, jika ingin menempuh jalur darat, tarifnya terbilang murah, yakni dari pusat kota Makassar menggunakan bis seharga Rp 150.000 per orang pada tahun 2019 lalu. Kita harus menghabiskan waktu kurang lebih 12 jam.

Jika menggunakan jalur udara butuh waktu berkisar 1 jam penerbangan. Biaya penerbangan ke Danau Matano sekitar Rp 1,2 juta.

(sumber:detik.com)

Indonesia Danau Info


Loading...