Pembangunan Gedung DPRD KBB Mangkrak Satu Tahun Lebih, Butuh Biaya Rp 49 Miliar Lagi

Pembangunan Gedung DPRD KBB Mangkrak Satu Tahun Lebih, Butuh Biaya Rp 49 Miliar Lagi
(Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin : Google)
Editor: Epenz Teras KBB —Selasa, 24 Agustus 2021 09:26 WIB

Terasjabar.id - Proyek pembangunan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mangkrak selama satu tahun lebih karena APBD KBB tidak cukup untuk menyelesaikan proyek sebesar Rp 142 miliar tersebut akibat pandemi Covid-19.

Asisten Daerah 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemda KBB, Maman Sulaeman mengatakan, pembangunan gedung DPRD tersebut mangkrak sejak Maret 2020 karena saat itu harus ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Kalau lihat kondisinya itu sudah 90 persen, tinggal penataan finishing. Paling hanya membutuhkan biaya Rp 49 miliar lagi," ujarnya saat ditemui di Perkantoran Pemda KBB, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, jika saat itu tidak ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, maka pembangunan gedung DPRD KBB itu seharusnya sudah selesai karena hanya membutuhkan biaya yang sedikit lagi.

"Kalau tidak ada pandemi Covid-19 pasti selesai pakai APBD karena biaya Rp 49 miliar itu sedikit. Tapi karena kondisinya begini, kita harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan dulu," kata Maman.

Untuk menyelesaikan pembangunan gedung DPRD itu, Pemda KBB harus meminta bantuan ke Pemprov Jabar karena saat ini APBD KBB sudah tidak cukup untuk membiayai proyek pembangunan gedung wakil rakyat tersebut.

"Beliau (gubernur) kemarin kesini dan melihat gedung mangkrak. Jadi, provinsi juga mau membantu karena pak Gubernur sangat respon sama kondisi Bandung Barat," ucapnya.

Terkait hal ini, kata Maman, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan sudah melayangkan surat ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil agar bantuan untuk menyelesaikan pembangunan gedung itu bisa segera turun.

"Surat dari pak Plt sudah dilayangkan, dan beliau juga sudah berbicara dengan pak gubernur," kata Maman.

Ia mengatakan, batas pembangunan gedung DPRD ini harus selesai pada tahun 2021, sehingga pihaknya berharap bantuannya bisa segera turun agar pembangunannya bisa selesai.

"Kalau dalam MOU ini masuk kategori multi year, artinya kan bisa bersambung pada tahun berikutnya, batasannya tahun 2021. Mudah-mudahan selesai," ucapnya.


Disadur dari Tribunjabar.id

Gedung DPRD KBB APBD Pandemi Covid-19 Prokes


Loading...