Melanjutkan Studi, Lulusan SMAN 1 Garut Tetap Melebihi 100 Persen

Melanjutkan Studi, Lulusan SMAN 1 Garut Tetap Melebihi 100 Persen
Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Sumpena Permana Putra, SH., M.M.Pd.
Editor: Jajang Teras Garut —Jumat, 20 Agustus 2021 20:44 WIB

Terasgarut - Meski pembelajaran di tengah pandemi Covid-19, lulusan SMA Negeri 1 Garut tetap menduduki tertinggi dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Hal ini berdasarkan pada laporan hasil akhir, bahwa peserta didik lulusan tahun ajaran 2020/2021 yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dan swasta lebih dari 100 persen.

Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Sumpena Permana Putra, SH., M.M.Pd., menjelaskan, karena ada peserta didik yang lebih dari satu diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maka dari sejumlah 429 peserta didik kelas XII yang diterima di PTN/PTS sebanyak 479.

"Yang diterima di PTN sebanyak 271 atau 63.17 persen, PTS sebanyak 208 atau 48.48 persen. Dengan demikian jumlah yang melanjutkan studi sebanyak 479 atau 111.66 persen," jelas
Kepala SMAN 1 Garut, melalui WhatsApp, Jumat (20/08/2021) sore.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Garut ini mengatakan, untuk mengukur keberhasilan SMA itu bisa dikatakan bagus jika peserta didiknya banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Berbeda dengan SMK hanya berapa persen saja, karena lulusan SMK itu harus bisa diserap di dunia kerja atau dunia usaha.

"Memang sulit, tapi hal esensial dari pendidikan SMA itu menghantarkan peserta didik ke jenjang lebih tinggi," ujarnya. Sumpena berharap, khusus SMA di KCD Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat memperhatikan lulusannya.

Yang paling utama, kata Ketua MKKS SMA Kabupaten Garut ini, kita harus berupaya seoptimal mungkin dan mengarahkan anak didik untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi disesuaikan dengan kemampuannya.

"Kita ukur terlebih dahulu kemampuan anaknya, kita diarahkan kemana harus mendaftar ke perguruan tinggi dengan dasar kemampuan anak tersebut,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

Lulusan SMAN 1 Garut Melebihi 100 Persen


Loading...