Awas Kecele! Lagi Viral Duit Rp 2.000 Disemprot Hijau Mirip Rp 20 Ribu

Awas Kecele! Lagi Viral Duit Rp 2.000 Disemprot Hijau Mirip Rp 20 Ribu
Foto: Viral Uang Pecahan Rp 2.000 mirip Rp 20,000/Dramaojol
Editor: Admin Teras Viral —Rabu, 4 Agustus 2021 13:17 WIB

Terasjabar.id - Ramai di media sosial uang kertas pecahan Rp 2.000 disemprot warna hijau. Sehingga mirip dengan pceahan Rp 20.000.

Hal itu diunggah oleh akun instagram dramaojol.id yang mengunggah ulang sebuah twit dari sebuah akun.

LIHAT JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


"Hati-hati nih guys. Kondisi sekarang orang jahat makin pinter pake nyemprotin pewarna hijau ke uang Rp 2.000 jadi dikira uang Rp 20.000. Jangan cepat-cepat ngantongin uang," tulis akun @crez*ti** dikutip Rabu (4/8/2021).

Menanggapi hal tersebut Kepala Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim belum mendapatkan setoran dari perbankan dan setoran masyarakat terkait uang tersebut.

"Kami belum menemukan uang pecahan Rp 2 ribu yang warnanya diubah sehingga seperti pecahan Rp 20 ribu," kata Marlison kepada detikcom, Rabu (4/8/2021).

Marlison menjelaskan, supaya masyarakat tidak terkecoh dengan modus tersebut bisa memperhatikan sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominal yang menjadi ciri umum rupiah.

"Hal lain yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah mengenali gambar pahlawan dan warna dari setiap pecahan," jelas dia.

TONTON JUGA:

Memang dalam UU Mata Uang diatur larangan untuk mengubah atau merusak rupiah. Seperti yang tercantum dalam Pasal 25 ayat 2.

"Setiap orang dilarang membeli atau menjual Rupiah yang sudah dirusak, dipotong, dihancurkan atau diubah," tulis UU tersebut.


(sumber:detik.com)

Mata Uang indonesia Penipuan


Loading...