Berkaca dari Kasus Keluarga Akidi Tio, PPATK Minta Sumbangan Tak Langsung Diumumkan

Berkaca dari Kasus Keluarga Akidi Tio, PPATK Minta Sumbangan Tak Langsung Diumumkan
(Merdeka.com/liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 4 Agustus 2021 12:04 WIB

Terasjabar.id - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyayangkan pengumuman sumbangan Rp2 triliun diberikan keluarga Akidi Tio yang difasilitasi Polda Sumsel. Sebab, jumlah sumbangan fantastis tersebut seharusnya menimbulkan kewaspadaan sebelum diumumkan ke publik.

"Dari semula ini misalnya kalau ada sumbangan siapa pun apalagi ruang publik, jadi kalau ada keraguan-keraguan itu sebaiknya menghubungi PPATK. Jangan dulu diumumkan," kata Kepala PPATK, Dian Ediana Rae kepada wartawan, Rabu (4/8).

Menurut Dian, PPATK dapat memeriksa kredibilitas pihak penyumbang karena memang memiliki akses langsung ke bank. Termasuk juga memastikan bahwa sumber uang tersebut ada dan aman.

"Kalau tidak kan tidak bisa dilanjutkan. Kalau kayak gini kan sudah merugikan yang bersangkutan. Nama Kapoldanya, kepolisian, nama pemberitaan, kan bisa rusak. Ini yang harus kita jaga," jelas dia.

Sebagai pejabat PPATK, Dian meminta pejabat publik dapat menaruh kecurigaan terhadap dana apapun yang diberikan, termasuk hibah atau pun sumbangan.

"Cita-citanya bagus kita diapresiasi, harus didorong, tapi kan negara hukum. Artinya kalau pun uangnya ada triliun, kita harus teliti uangnya. Kerjaan PPATK jadi berat. Kita harus memastikan uang bukan dari kejahanat, uang itu hasil usaha yang sah. Bukan pencucian uang, dana narkoba, atau apalah," Dian menandaskan.


Sumber: Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com

PPATK Sumbangan Akidi Tio Polda Sumsel Pandemi Covid-19


Loading...