Segini Biaya Untuk Pengecatan Ulang Pesawat Kepresidenan RI, Bisa Gunakan 2 Metode Pengecatan

Segini Biaya Untuk Pengecatan Ulang Pesawat Kepresidenan RI, Bisa Gunakan 2 Metode Pengecatan
Editor: Malda Hot News —Rabu, 4 Agustus 2021 09:27 WIB

Terasjabar.id - Isu penggantian warna pesawat kepresidenan dari warna biru menjadi merah putih, ramai dibicarakan. Bukan karena hanya soal warnanya, tapi juga dinilai pemborosan dan juga tidak mendesak.

Lebih lagi, kondisi Indonesia sekarang masih dalam kondisi krisis pandemi Covid-19. Mantan Komisioner Ombudsman sekaligus pengamat penerbangan, Alvin Lie menyebut, biaya cat ulang pesawat sebaiknya digunakan untuk penanganan Covid-19.


Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk sebuah proyek pengecatan ulang pesawat?

Kata Alvin, jika merujuk biaya cat ulang untuk penerbangan sipil, biayanya bisa mencapai USD 100 ribu per pesawat.

Angka itu, lanjut Alvin Lie, jika menggunakan metoda sanding.

“Ada dua metode pengecatan ulang," ujarnya.

"Sanding, cat lama diamplas hingga hilang warnanya, tinggal primer dasar, kemudian dicat dengan warna dan pola baru,” jelas Alvin Lie.

Stripping, cat lama dikupas total hingga ke kulit pesawat (bare metal) kemudian dicat ulang.”

Lantas dikonfirmasi berapa harga yang harus dibayar jika pemerintah tetap ingin melakukan cat ulang untuk pesawat kepresidenan.

"Tergantung lingkup pengerjaannya, antara Rp 1,4 Miliar sampai dengan Rp 2,1 Miliar. Itu yang biaya yang biasa dibayar oleh maskapai penerbangan untuk pesawat setara B737-800," jelas Alvin Lie.

"Pesawat Kepresidenan jenis Boeing Business Jet 2 setara dengan B737-800."

Ihwal pengecatan ulang pesawat kepresidenan, Alvin bilang itu bukan sesuatu yang mendesak.

Kata dia, pemerintah seharusnya menangguhkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak mendesak dan memfokuskan anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

“Hal-hal yang bukan kebutuhan mendesak perlu ditangguhkan. Anggaran difokuskan pada penggulangan pandemi,” ujarnya.

“Ingat, tunjangan dan insentif ASN, anggaran berbagai lembaga, hingga kementerian dipangkas untuk refocusing Anggaran.”

Alvin Lie menyarankan sebaiknya pemerintah menunjukkan sense of crisis terhadap situasi pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi yang diakibatkannya.

“Di saat negara sedang hadapi pandemi dan krisis ekonomi, pemerintah seharusnya menunjukkan sense of crisis,” tutur Alvin Lie.

Apalagi, tambah Alvin, melakukan cat ulang dan mengubah warna pesawat kepresidenan bukanlah kebutuhan yang mendesak.

Sebab, pesawat kepresidenan yang dimiliki Indonesia usianya baru 7 tahun dan jarang dipakai. “Pesawat Kepresidenan usianya baru 7 tahun, jarang dipakai. Perawatan bagus, penampilan juga masih layak,” kata Alvin Lie.

“Tidak ada urgensi dicat ulang atau ubah warna.” pungkasnya.

Selain pengamat penerbangan, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, juga mengkritik kebijakan Sekretariat Presiden yang menggelontorkan anggaran untuk mengubah cat pesawat-kepresidenan kepresidenan menjadi warna putih. 

Menurut dia, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum usai, seharusnya pemerintah tetap fokus mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19. 

"Semua anggaran (harus) fokus untuk penangan Covid-19," kata Mardani kepada Kompas TV, Selasa (3/8/2021). 

Ia menilai pengecatan pesawat kepresidenan tidak terlalu mendesak di tengah masyarakat banyak yang kesusahan akibat terdampak dari adanya pandemi Covid-19. 

"Mengecat pesawat tidak prioritas saat ini," ujarnya.

Selain Mardani, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief melayangkan protes terkait pengecetan ulang pesawat kepresidenan. 

"Sekarang pesawat kepresidenan berwarna merah. Entah maksudnya apa, bisa warna bendera bisa juga corona. Dulu biru. Desain dan warna karya seorang mayor desainer di TNI AU," begitu cuitan dalam Twitter Andi Arief @Andiarief__, Selasa (3/8/2021). 

Cuitan itu menjelaskan asal muasal warna awal pesawat. Dahulu dominasi warna biru dipilih berdasarkan desain dari seorang prajurit TNI AU berpangkat mayor yang tujuannya adalah sebagai kamuflase dalam peningkatan keamanan penerbangan. 

"Dominasi biru langit adalah upaya peningkatan keamanan penerbangan, sebagai warna kamuflase saat terbang," ujarnya. (KompasTV)

Pesawat Kepresidenan Cat Ulang Viral Warna Merah Harga Merah Putih


Loading...