Capaian Masih Rendah, Bupati Sumedang Keluhkan Minimnya Pasokan Vaksin COVID-19

Capaian Masih Rendah, Bupati Sumedang Keluhkan Minimnya Pasokan Vaksin COVID-19
(istimewa Via Sindonews.com)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 4 Agustus 2021 09:22 WIB

Terasjabar.id - Minimnya jumlah pasokan vaksin mengakibatkan capaian program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sumedang masih rendah.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengungkapkan, hingga saat ini, capaian vaksinasi di kabupaten yang dipimpinnya itu baru menyasar 15 persen warga Sumedang.

Menurut Dony, kondisi tersebut cukup beralasan. Pasalnya, Sumedang selama ini berada di zona kuning dan oranye, sedangkan pasokan vaksin dari pemerintah pusat lebih diprioritaskan bagi daerah yang masuk zona merah.

"Laju vaksin kita baru 15 persen karena pasokannya sedikit," ungkap Dony dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021) malam.

Oleh karenanya, lanjut Dony, pihaknya akan berupaya mempercepat capaian vaksinasi dengan meminta tambahan pasokan vaksin dari pemerintah pusat, termasuk provinsi. Terlebih, kata Dony, pihaknya pun siap mempercepat program vaksinasi.

"Adapun upaya kita untuk memperbesar jumlah vaksin di Sumedang yaitu kita minta pasokannya ditambah dari pusat dan provinsi karena tenaga medis kami siap untuk itu," katanya.

Lebih lanjut, Dony pun mengapresiasi kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sumedang di GOR Tadjimalela, Senin (2/7/2021) lalu.

Dony pun menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah melakukan kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional di Sumedang, sehingga laju vaksinasi di Sumedang meningkat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada TNI AL, AU, dan AD yang telah melakukan vaksinasi dan ini akan meningkatkan laju vaksinasi di Sumedang. Upaya kami sekarang terus meminta vaksin yang lebih banyak lagi dari berbagai lapisan yang ada," katanya.

Diketahui, kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional tersebut menargetkan 2.500 orang peserta yang terdiri dari para pelajar berusia 12 tahun ke atas dan masyarakat umum di wilayah Sumedang.

Kegiatan vaksinasi melibatkan 83 tenaga kesehatan meliputi vaksinator dan tenaga kesehatan lainnya dari Dinkes Koarmada I, Dinkes Lantamal III, Tim Kesehatan Lanal Bandung, Tim Kesehatan Janal Cirebon, Kesdam Ill/Siliwangi dan Dinkes Sumedang.

Selain vaksinasi, dalam kegiatan yang dipantau langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono itu juga dilakukan penyerahan sembako kepada warga Sumedang yang telah divaksin dalam rangka TNI AL Peduli. 
Dalam kesempatan itu, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa sejalan dengan program pemerintah dalam upaya percepatan, penanggulangan, dan pencegahan COVID-19, vaksinasi akan dilaksanakan terus menerus sampai seluruh masyarakat tervaksinasi.

"Kita melaksanakan vaksinasi ke daerah-daerah terpencil dan pelabuhan larena di sana hampir diselesaikan. Kita akan menyasar daerah-daerah yang laju vaksinasinya masih rendah bersama dengan TNI Polri maupun dengan Instansi terkait," katanya.

Kasal mengakui, kegiatan tersebut menyasar Sumedang karena Sumedang termasuk dalam daerah dengan jumlah penerima vaksinasi rendah. Pihaknya sudah menyiapkan 2500 vaksinasi untuk masyarakat Sumedang. 

"Kita laksanakan sesuai dengan data karena di Sumedang laju vaksinasinya belum mencapai 17 persen, jadi kita arahkan vaksinasinya di sini agar ada pemerataan vaksinasi dengan daerah lainnya," katanya.
Disadur dari Sindonews.com 

Pandemi Covid-19 Vaksinasi Kabupaten Sumedang Prokes Bupati Dony Ahmad Munir Zona Kuning


Loading...