Dubai Memang Canggih, Bikin Hujan Buatan Pakai Drone

Dubai Memang Canggih, Bikin Hujan Buatan Pakai Drone
pinterpoint
Editor: Admin Teras Techno —Kamis, 29 Juli 2021 09:06 WIB

Terasjabar.id--

Perkembangan teknologi di Dubai sudah sangat pesat. Cuaca yang panas diakali dengan teknologi drone yang bisa membuat hujan buatan. Bagaimana caranya?

Dubai selama ini dikenal akan kemewahannya. Namun Dubai juga punya kekurangan. Sebagai negeri padang pasir, cuaca di Dubai sangat panas.

Tapi berkat teknologi canggih, cuaca panas di Dubai sekarang bisa 'diakali'. Para ilmuwan dikerahkan untuk membuat hujan buatan di Dubai dengan menggunakan drone.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (29/7/2021), caranya adalah drone diterbangkan hingga ke atas ketinggian yang cukup untuk menjangkau awan di langit.

Kemudian, drone tersebut akan menembakkan arus listrik ke gumpalan awan. Arus listrik yang ditembakkan oleh drone itu nantinya akan mengubah muatan listrik yang terkandung di awan. Kemudian awan akan mengumpulkan molekul air, lalu terciptalah hujan.

"Idenya adalah, kami akan menerbangkan drone ke awan dan melepaskan arus listrik untuk mencharge droplet awan," ujar Dr Keri Nicoll, salah satu ilmuwan pemimpin proyek tersebut.Teknologi drone pembuat hujan tersebut dikembangkan oleh para ilmuwan dari University of Reading di Inggris dengan memanfaatkan dana hibah dari Uni Emirat Arab.

Hujan Buatan di DubaiHujan Buatan di Dubai Foto: Facebook

Teknologi drone penyemai hujan itu sudah diuji coba di Dubai dan menuai hasil yang positif. National Centre of Meteorology (NCM) Uni Emirat Arab pun memamerkan foto hujan buatan tersebut di akun resmi Facebook mereka.

Mereka menyebut hujan buatan ini dengan tagar #cloudseeding alias menyemai awan.

Menurut laporan media The National, pada bulan Mei suhu udara di Dubai bisa mencapai 50 derajat celcius. Dengan suhu sepanas itu, hujan buatan diharapkan mampu sedikit membantu untuk menurunkan suhu di Dubai.

TONTON JUGA:

(DETIK.COM)

dubai drone teknologi hujan buatan uni emirat arab wisata dubai wisata uea


Loading...