Heboh Meteor Raksasa Hantam Bumi, Meledak di Langit Norwegia

Heboh Meteor Raksasa Hantam Bumi, Meledak di Langit Norwegia
harapan rakyat online
Editor: Admin Teras Techno —Senin, 26 Juli 2021 10:29 WIB

Terasjabar.id--

- Sebuah meteor raksasa dikabarkan jatuh dan terbakar di langit Norwegia. Kejadian ini berlangsung pada Minggu waktu setempat (25/7/2021).

Saat kejadian berlangsung dilaporkan terdengar suara gemuruh serta cahaya yang berpendar saat meteor melintas Bumi. Sejumlah ahli memprediksi sisa meteor akan jatuh ke Bumi dan lokasinya tidak jauh dari ibu kota Norwegia, Oslo.

Penampakan kejadian itu dilaporkan terjadi pada pukul 1 Minggu dini hari di Trondheim utara. Bola api raksasa yang jatuh dari langit dan meledak juga terekam di kamera Web di Holmestrad, Oslo bagian selatan.

Jaringan Meteor negara itu mencoba menganalisa rekaman video dan data lain. Dengan begitu bisa menentukan dari mana meteor itu dan tujuannya.

Berdasarkan laporan awal kemungkinan meteor menghantam wilayah hutan Finnemarka, sekitar 60 km arah barat dari Oslo. Namun hingga Minggu sore waktu setempat belum ada yang menemukan puing-puing meteor.

Morten Bilet dari jaringan meteor Norwegia mengatakan butuh waktu sekitar 10 tahun mencari kemungkinan lokasi jatuhnya benda antariksa tersebut. Dia juga menyaksikan dan mendengar saat meteor menghantam Bumi, demikian dikutip Reuters, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, meteor memiliki kecepatan 15-20 km per detik dan sekitar lima hingga enam detik untuk membuat langit malam menjadi terang. Bilet memperkirakan jika obyek berasal dari sabuk asteroid, antara Mas dan Jupiter.

"Apa yang kami alami tadi malam adalah sebuah batu besar yang bergerak kemungkinan dari antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid (Tata Surya). Dan ketika (meteor) mendesing (di atmosfer) membuat gemuruh. (Hal ini) membangkitkan minat dan kegembiraan besar di antara kami (para ahli) dan mungkin ketakutan di antara yang lain," jelasnya.

Selain Morten Bilet terdapat sejumlah saksi lain yang merasakan kehadiran benda asing itu. Mereka mengatakan ada hembusan angin lebih kuat serta gelombang energi besar saat itu.

Belum ada laporan kerusakan akibat kejadian tersebut. Selain itu hingga saat ini juga tidak ada laporan korban jatuh dari kejadian dugaan meteor jatuh kemarin.

Jatuhnya meteor ke Bumi memang buka peristiwa yang pertama. Sebelumnya di dekat kota Chelyabinsk, Rusia tahun 2013, sebuah meteor jatuh dan meledak.

Akibat peristiwa itu, membuat bola api menghujani area tersebut dan menyebabkan gelombang kejut membuat jendela hancur. Selain itu juga bangunan menjadi rusak dan dilaporkan ada 1.200 orang yang terluka.

FOLLOW JUGA:







View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)








(CNBC INDONESIA)

meteor norwegia benda luar angkasa


Loading...